PENGUASAAN KETERAMPILAN BERTANYA DASAR DI TK BAITURRAHMAN

Authors

  • Indriyani Sunarto Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penguasaan keterampilan bertanya guru di TK Baiturrahman. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah guru kelas kelompok A dan guru kelas kelompok B TK Baiturrahman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Adapun indikator penguasaan keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar, keterampilan bertanya lanjutan, jenis-jenis pertanyaan serta teknik-teknik bertanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru TK Baiturrahman lebih menguasai keterampilan bertanya dasar dan keterampilan lanjutan, sedangkan jenis-jenis pertanyaan dan teknik-teknik bertanya guru TK Baiturrahman belum dikuasai.

Author Biographies

Indriyani Sunarto, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Rohita Rohita, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Arikunto. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif: suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan. (2012). Metode penelitian kualitatif teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, R. (2013). Ragam model mengajar yang mudah diterima murid. Yogyakarta: Diva Press.

Hasibuan. (2006). Proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, M.U. (2006). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2013). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif & menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sa’ud, S.U. (2009). Pengembangan profesi guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran micro. Bandung: UPI Press.

Undang – Undang Republik IndonesiaNomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles