FAKTOR PENDUKUNG DALAM PERAWATAN GIGI ANAK USIA 6-7 TAHUN

Authors

  • Hesti Hapsari Sekarlawu Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.580

Abstract

Permasalahan gigi dan mulut bisa dialami oleh semua jenis umur, termasuk anak usia dini. Masalah gigi dan mulut dapat memiliki banyak dampak membahayakan bagi anak. Beberapa dampaknya adalah meningkatkan kurangnya perhatian dan membuat anak mudah terganggu oleh sekitar, dimana akan berakibat negatif pada harga diri anak dan menyebabkan kegagalan di sekolah. Secara khusus, dari 59 murid di TK Tarbiyatul Muslimin didapatkan data bahwa 89.83% anak mengalami masalah gigi, sehingga hanya 10.17% anak memiliki gigi yang sehat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang peran pengasuh dalam perawatan gigi anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari 6 orangtua dan 3 anak melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat banyak faktor pendukung perawatan gigi anak yang berbeda setiap keluarga. Namun ada 5 faktor pendukung yang sama yaitu pengalaman masalah gigi pengasuh, pemantauan, waktu luang, aturan yang jelas dan karakteristik pengasuh yang tegas. Saran yang dapat diberikan adalah agar pengasuh memiliki 5 faktor pendukung utama yaitu (a) belajar dari pengalaman, (b) melakukan pemantauan, (c) menyiapkan waktu luang, (d) membuat aturan yang jelas terkait perawatan gigi, dan (e) tegas.

Author Biographies

Hesti Hapsari Sekarlawu, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Rohita Rohita, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: teori, prinsip dan aplikasinya di Indonesia. Bogor: Penerbit IPB Press.

Lestari, S. (2018). Psikologi keluarga: penenaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Prenada Media.

Pusat Data dan Informasi. (2019). InfoDATIN. Retrieved from Kementerian Kesehatan RI: http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2013.pdf

Holt, K., & Barzel, Z. (2019). Oral health and learning. retrieved from national maternal and child oral health resource center: https://www.mchoralhealth.org/PDFs/learningfactsheet.pdf

Feeney, S., Christensen, D., & Moravcik, E. (2006). Who am i in the lives of children?: an introduction to early childhood education. 7th edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles