Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang sebagai Pengguna Shopee
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i3.1378Abstract
Perkembangan teknologi era industri 4.0 sangatlah pesat. Dalam hal ini menjadi peluang bagi pembisnis untuk melebarkan usahanya ke ranah digital, termasuk Shopee. Kunci keberhasilan perusahaan, tercapainya kepuasan konsumen, seperti promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayanan yang diberikan sesuai harapan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya masing-masing dan simultan pengaruh promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayana terhadap kepuasan konsumen karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang sebagai pengguna Shopee. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang pengambilan datanya dengan menyebarkan angket ke karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang dengan teknik non-probability sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya yang jumlahnya sebesar 103 responden, dimana kriteria sampelnya hanya pengguna aplikasi Shopee. Analisis datanya menggunakan pengujian multiple linear regression. Hasil penelitiannya menjelaskan bahwa: 1) Secara parsial promosi arahnya positif dan signifikan, dimana besar pengaruhnya yaitu 25%. 2) Kualitas produk secara parsial sangat signifikan dan arahnya positif terhadap kepuasan konsumen, dan besar pengaruhnya yaitu 31,8%. 3)Â Kualitas pelayanan secara parsial sangat signifikan dan arahnya positif terhadap kepuasan konsumen, dan besar pengaruhnya yaitu 48,2%. 4) Secara simultan bahwa promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayanan karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang sebagai pengguna Shopee, dan besar pengaruhnya yaitu 52,4%.Kata Kunci: Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
References
Adiningsih, Sri, Erna Maria Lokolko, Sitri Nariswari Setiaji, Sofian Rendy Ardiansyah, Muhammad Islam, Umi Fitria Ridya Rahmawary. (2019). Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.
Daga, Rosnaini. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). Global Research and Consulting Institute.
Darwin, Muhammad, Marianne Reynelda Mamondol, Salman Alparis Sormin, Yuliana Nurhayati, Hardi Tambunan, Diana Sylvia, I Made Dwi Mertha Adnyana, Budi Prasetiyo, Pasionista Vianitati, & Antonius Adolf Gebang. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. CV. Media Sains Indonesia.
Dewi, Nindya Listya, & Ferry Hariawan. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Handphone di Toko KSC Cellular Mojokerto. Journal of Sustainability Business Research, 3(1), 236–241.
Effendi, Usman. (2021). Iklan Brosur, Kualitas Produk, dan Citra Merek. Penerbit Yayasan Barcode.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke 9). Universitas Diponegoro.
Indrasari, Meithianna. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id
Lestari, Ainul Tria & Khalid Iskandar. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1.513
Mahmud, Nurrudin, & Firdaus. (2021). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Counter Jala Kencana Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(2), 240–255.
Mardiyah, Nurul Karimatun. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Klinik Kecantikan Naavagreen di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Meutia, Rizka Henny Maya (2020). Manajemen Pemasaran : UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish. http//books.google.com
Mukson, Syariefful Ikhwan, & Slamet Bambang Riono. (2021). Orientation of Entrepreneurship and Innovation in Improving the Company’s Performance through Bussiness Strategy. Jurnal JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 1(8).
Priyatno, Duwi. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum (Edisi I). CV. Andi Offset.
Putra, I. Made Bayu Purnama & I Gusti Ayu Wimba. (2021). Pengaruh Store Atmosphere , Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut Cabang Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2), 744–756.
Rahayu, Evita. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyality pada Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Toko Online Shopee.
Rahmawati, Dewi Ayu, & Sigit Prihanto Utomo. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Omah Seblak Krenyeng di Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 3(1), 242–248.
Ridho, Muhammad Aldi Al, & Pontjo Bambang Mahargiono. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas produk, dan harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Fastfood Indonesia, TBK (Studi Kasus KFC Cabang BG Junction Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(6).
Santosa, Dewa Gede Wahyu & I. A. Masyuni. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Denpasar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, Dan Pariwisata, 1(1), 290–302.
Saputra, Naufal Hilmi, Supriadi Thalib, & Tyahya Whisnu Hendratni. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Online Store Guzzle di Media Sosial. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4, 709–718.
Sari, Ayu Cindy Mardika & Marsudi Lestariningsih. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasaan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5).
Setiawan, Desy Amaliati, Irfan Arif Husen, Rahmat Yuliansyah, & Said Khaerul Wasif. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek (Studi Kasus ini di Wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3131–3148.
Siboro, Kevin Andreas, Endang M. Sasmita, & Bida Sari. (2021). Pengaruh Promosi, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Bakmi Golek Dewi Sartika. Ikraith-Ekonomika, 4(3).
Sitorus, Onny Fitriana & Novelia Utami (2017). Strategi promosi pemasaran. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan 1). Alfabeta.
Tamin, Muhammad. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadao Kepuasaan Konsumen pada Alfamart Km 12 Jl Achmad Yani. Universitas Achmad Yani.
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi pemasaran. Penerbit Andi.
Tussakdiah, Nur Halimah. (2021). Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. 9(2), 250–259. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Wahjono, Sentot Imam. (2022). Manajemen dan Peran Manajer. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Widyanita, Fika Ayu. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia pada Mahasiswa FE UII Pengguna Shopee.