Analisis Pengaruh Brand Trust, Product Factor, dan Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Melalui Purchase Decision di Matahari Departement Store
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.457Abstract
Abstrak - Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merk, faktor produk, dan promosi penjualan terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian studi kasus Matahari Departement Store. Metode analisis yang data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Sampel pada penelitian ini merupakan orang yang pernah melakukan pembelian produk secara offline di Matahari Departement Store dalam kurun waktu 3 bulan terakhir di wilayah JABODETABEK. Dari hasil penelitian menggunakan analisis jalur pada variabel – variabel tersebut. Kepercayaan merk memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor produk memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan merek memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, faktor produk memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, promosi penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen, keputusan penjualan memiliki hubungan signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci - Kepercayaan Merk, Faktor Produk, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, dan Loyalitas Konsumen.
Abstract - The purpose of this study is to determine the effect of brand trust, product factors, and sales promotions on customer loyalty through the purchasing decision of the Matahari Department Store Store case study. The data analysis method used is descriptive analysis and path analysis. The sample in this study were people who had purchased products offline at the Matahari Department Store in the past 3 months in the Greater Jakarta area. From the results of the study using path analysis on these variables. Brand trust has a significant relationship to purchasing decisions, product factors have a significant relationship to purchasing decisions, sales promotion has a significant relationship to purchasing decisions, brand trust has a significant relationship to customer loyalty, product factors have a significant relationship to customer loyalty, sales promotion has a significant relationship on customer loyalty, sales decisions have a significant relationship to customer loyalty.
Keywords - Brand Trust, Product Factor, Sales Promotion, Purchase Decision, and Customer Loyalty
References
Achmad, E. Kuncoro dan Riduwan. 2014. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Cetakan ke-6. Bandung: Alfabeta.
Adiwidjaja, J.A dan Tarigan, Zeplin J.H. 2017. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA Vol. 5, No : 3. Surabaya
Affandi. 2011. Metode Penelitian Manajamen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Groover, Mikell P. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing Fourth
Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing. 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 5th edition.New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition, Pearson Education,Inc
Laudon, Kenneth C., & Jane, P. Laudon. (2010). Manajemen Information System: Managing the Digital Firm. New Jersey: Prentice-Hall.
Peter, J. Paul dan Donnelly, James H. 2011. Marketing management: Knowladge and skills. Tenth Edition. New York, Mc Graw Hill
Peter, J.P. & Donnelly, J.H. 2013. Marketing management: knowledge and skills. 11th ed. Boston: McGraw-Hill.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Customer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
WebCnbcindonesia.com. (2019, Maret 11). Wow! Transaksi e-Commerce RI 2018 Capai Rp 77 T, Lompat 151%. Diakses Pada 20 Oktober 2019 Dari cnbcindonesia.com https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190311101823-37-59800/wowtransaksi-e-commerce-ri-2018-capai-rp-77-t-lompat-151.
Matahari.co.id. (n.d.). Tentang Matahari Departement Store. Diakses Pada 25 Desember 2019, dari Matahari.co.id: http://www.matahari.co.id/id/pages/tentang-matahari/84
Matahari.co.id (n.d.) Visi Misi Matahari Departement Store. Diakses Pada 25 Desember 2019. Dari Matahari.co.id http://www.matahari.co.id/id/pages/visi-dan-misi/85
Tekno.Kompas.com (2019, Mei 16). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Diakses Pada 20 Oktober 2019. Dari Tekno.Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii- jumlah- pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa.
Topbrand-award.com (n.d.). Top Brand Index Fase 2 2015. Diakses Pada 20 Oktober 2019. topbrand-award.com: https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-indexint/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2015.
Topbrand-award.com (n.d.). Top Brand Index Fase 2 2016. Diakses Pada 20 Oktober 2019. topbrand-award.com: https://www.topbrand-award.com/en/top-brandindexint/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2016.
Topbrand-award.com (n.d.). Top Brand Index Fase 2 2017. Diakses Pada 20 Oktober 2019. topbrand-award.com : https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-indexint/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2017
Topbrand-award.com (n.d.). Top Brand Index Fase 2 2018. Diakses Pada 20 Oktober 2019. topbrand-award.com : https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-indexint/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2018.
Topbrand-award.com (n.d.). Top Brand Index Fase 2 2019. Diakses Pada 20 Oktober 2019. topbrand-award.com : https://www.topbrand- award.com/en/top-brand-index- int/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2019.
Adiwidjaja, J.A dan Tarigan, Zeplin J.H, 2017, Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse, AGORA Vol. 5, No : 3, Surabaya
Andriani Meta dan Bunga Dwi, F, 2018, Faktor Pembentuk Brand Loyalty: Peran Self Concept Connection, Brand Love, Brand Trust Dan Brand Image (Telaah Pada Merek H&M Di Kota Dki Jakarta), Issn: 1410-4571, E-Issn: 2541-2604. Stie Indonesia Banking School. Jakarta.
Irum, 2016, “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Rumah pada Perumahan D’Cassablanca di Samarindaâ€, ISSN 2355-5408, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id, 4 (2) 590-604. 2016.
Murtiningsih Titi, Ridwan Muhammad Sihab, dan Retnaningsih Wiwik, 2019, “Influences Of Brand Experience ,Brand Trust, And Brand Love Toward Purchase Intention By Word Of Mouth And Brand Loyalty As Intervening Variables In Fashion Branded In East Surabayaâ€, DOI : 10.14738/abr.79.6833.
Yuriansyah Auli L, 2013, Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan, Management Analysis Journal, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj.
Zhang, Hui dan Srisutto, Sawaros, 2019, The Antecedents Of Customer Satisfaction Relating To Attitude And Loyalty Towards Online Shopping: A Case Study In Guangzhou, China, UTCC International Journal of Business and Economics (UTCC IJBE) Volume 11 Number 1.