Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis Hots untuk Guru IPA SMA di Kabupaten Gresik
DOI:
https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1770Abstract
Dalam upaya membekali siswa menghadapi tantangan abad 21, penilaian yang dikembangkan oleh guru diharapkan dapat mendorong peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian siswa untuk menyelesaikan masalah. Tingkat pemahaman dan kemampuan guru mata pelajaran IPA SMA Kabupaten Gresik dalam menyusun soal berbasis higher order thinking skills (HOTS) masih kurang sehingga diperlukan pelatihan untuk mengatatasi permasalahn mitra tersebut. Sebanyak 19 orang terdiri dari guru mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi, dilibatkan dalam kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan secara luring di SMAN 1 Manyar Gresik, pada hari Sabtu, 23 Juli 2022, dilanjutkan dengan kegiatan secara daring menggunakan zoom meeting pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022. Kegiatan diawali dengan penyajian materi pelatihan oleh Tim PKM, dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan soal berbasis HOTS melalui diskusi dan presentasi. Pada akhir kegiatan dilakukan refleksi dan pemberian angket. Berdasarkan hasil penilaian terhadap produk soal HOTS yang dihasilkan melalui penugasan secara mandiri, peserta pelatihan telah memiliki kemampuan dalam menyusun soal berbasis HOTS dengan kategori cukup baik dengan skor rata-rata 78,14. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa peserta memberikan respon respon yang sangat baik dari terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan.
Kata-kata kunci: Soal berbasis HOTS, guru mata pelajaran IPA SMA, kabupaten Gresik
References
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill Education.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembang Hots Pada Kurikuluman Soal 2013. Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57 - 76. doi:https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71 - 94. doi:https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Mujib, M. F. (2019). Modul Penyusunan Soal (Ketrampilan Berfikir tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah atas tahun 2019.
Nazaruddin, K., Riadi, B., Sunarti, I. S., Mustofa, A., & Zamzanah, S. (2021). Pendampingan membuat Soal Berorientasi HOTS bagi Guru-Guru SMK di Pringsewu. Jurnal Sumbangsih, 112 - 117.
Nurdin, A. (2019). Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Dirjen GTK, Kemdikbud.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1 - 17.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan penulisan soal HOTS - Higher Order Thinking Skills. Retrieved from Repositori.kemendikbud.go.id: https://repositori.kemdikbud.go.id/18343/
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill(Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Malangpelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73 - 79.
Wasis, Rahayu, Y. S., Sunarti, T., & Indana, S. (2020). HoTS dan Literasi Sains (Konsep, Pembelajaran, dan Penilaiannya). Jombang: Kun Fayakun.