Brain Gym untuk Meningkatkan Kreativitas dan Konsentrasi Pembelajaran Luring/Daring pada Siswa di Komunitas Mat Peci

Authors

  • Liana Mailani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Radhiya Bustan Universitas Al Azhar Indonesia
  • Marsella Novianti Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nur Sidra Al-Muntaha Nasution Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1630

Abstract

Masyarakat di sekitar Sungai Ciliwung merupakan pemukiman penduduk yang padat, memiliki beberapa komunitas diantaranya Komunitas Mat Peci (Masyarakat Peduli Ciliwung dan Lingkungan Hidup). Berdasarkan permasalahan yang ada di komunitas Mat Peci akibat wabah COVID-19, muncul permasalahan terutama pada siswa SD, SMP, dan SMA dalam pembelajaran daring. Pembelajaran dilakukan secara daring atau SFH diimplementasikan oleh guru untuk mengantisipasi penyebaran coronavirus. Menurut Jamaluddin (2020) bahwa pelaksanaan pembelajaran daring memiliki kekuatan dan kelemahan, tantangan, dan hambatan tersendiri. Pembelajaran daring dapat mempertemukan guru dan siswa dengan bantuan internet dalam proses pembelajarannya. Dengan kondisi pandemi yang telah berjalan 2 tahun, terhitung aktif meningkat pada bulan Maret 2020 sampai Februari 2022 menimbulkan rasa jenuh, tidak konsentrasi, dan menurunnya kreativitas bagi siswa. Salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas dan konsentrasi dalam pembelajaran daring/luring pada siswa di Komunitas Ciliwung Mat Peci adalah dengan melakukan Brain Gym yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan kreativitas karena sebagian sekolah sudah melakukan PTM terbatas. Brain Gym atau senam otak dikenal sebagai serangkaian latihan berbasis gerakan yang dilakukan tubuh untuk merangsang tingkat kinerja otak kiri dan otak kanan secara bersama. Dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja otak dalam memudahkan kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dapat meningkatkan konsentrasi belajar daring/luring sehingga siswa dapat berprestasi. 

Kata Kunci: Brain Gym, Kreativitas, Konsentrasi

Author Biographies

Liana Mailani, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Radhiya Bustan, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Marsella Novianti, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Nur Sidra Al-Muntaha Nasution, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

References

Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.2014JakartaPT Ghalia Indonesia.

Coronavirus pushes education online2020Nature Materials19687doihttps://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Hariyanti2012Pengaruh Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP N 1 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012SurakartaUniversitas Muhammadiyah Surakarta

Hubungan antara Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMP YogyakartaUniversitas Negeri Yogyakarta

Munandar 2014Pengembangan Kreativitas Anak BerbakatJakartaRineke Cipta

UAI2016Perbandingan Kondisi Bantaran Sungai Ciliwung di Daerah Cawang Berdasarkan Beberapa Parameter Pembangunan Berkelanjutan. Hal 2 - 5 JakartaFakultas Sains dan Teknologi Universitas Alazhar Indonesia

Downloads

Published

2022-12-30