Persepsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1021Abstract
Abstrak
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mencanangkan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka dengan delapan kegiatan. Program ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar dapat menyiapkan lulusan dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja serta menyiapkan lulusan yang mampu mengembangkan pribadi yang unggul dan memiliki kompetensi praktis untuk kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui secara valid tentang persepsi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Alazhar Indonesia terhadap program merdeka belajar kampus merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil data sampel sebanyak mahasiswa 466 dari jumlah seluruh populasi sebanyak 669 mahasiswa aktif . Hasil penelitian ini menunjukan persepsi mahasiswa tentang program MBKM adalah minimnya informasi dan pengetahuan terhadap program MBKM namun persepsi terhadap seluruh kegiatan MBKM mahasiswa beranggapan bahwa kegaiatan tersebut adalah kegiatan yang positif dalam rangka memenuhi kebutuhan lulusan dimasa mendatang yang sesuai dengan kebutuhan industri kerja.
Keywords – Persepsi, MBKM, FH UAIReferences
Fadlillah, S., Faisol, W., Herdiawanto, H., Gusman, Y., Muhaimin, R., Hidayat, R.A., Umar, N., Komarrudin, U. Evaluasi Kegiatan MBKM Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa: PHP2D 2021 KORPS Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Universitas Al Azhar Indonesia di Desa Labuan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol 3, No 2, 2022.
Rahmadani, A., Syariful, S., Oca Restavia, O., "Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia", Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol 7, No 1, 2022.
Philip Kottler. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengandalian. Edisi Kelima, Penerbit Erlangga. 1997.
Silaen, S. Metode Penelitian Sosial untuk Penuilisan Skripsi dan Tesis. Penerbit In Media. 2018.
Nasution. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. 2003.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2010.