Kontrol Terhadap Tingkah Laku yang Dipersepsikan Sebagai Determinan Pembelian Makam Mewah
DOI:
https://doi.org/10.36722/sh.v3i1.198Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkah laku membeli pemakaman mewah, di tengah situasi makin banyaknya masyarakat yang berada di status sosial ekonomi yang rendah, ditambah sudah keluarnya fatwa haram dari MUI. Prediksi ini diukur menggunakan Teori Planned Behavior dari Acjzen (1975), dengan metode kuantitatif. Alat pengumpul data adalah skala intensi dari Acjzen, dan sampel sebanyak 80 (delapan puluh) orang anggota majlis taklim. Hasilnya menunjukkan bahwa semua faktor yang dijelaskan oleh IV memiliki pengaruh sebesar 67.6% terhadap DV, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Ini berarti bahwa faktor sikap, norma subjektif, dan kontrol terhadap perilaku yang dipersepsikan memiliki pengaruh sebesar 67.6 % terhadap tingkah laku membeli pemakaman mewah. Faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah kontrol terhadap tingkah laku yang dipersepsikan. Penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan sampel dengan jumlah yang lebih besar, dan lebih bervariasi (tidak hanya anggota majlis taklim). Selain jumlah sampel yang lebih besar perlu dipertimbangkan untuk melakukan riset kolaborasi dengan bidang ilmu lain, seperti ekonomi. Dengan jumlah sampel yang lebih besar dan cakupan area yang lebih besar, MUI dapat mempertimbangkan hasil riset ini sebagai data pendukung untuk mengeluarkan fatwa terkait fenomena ini.
Â
Kata Kunci - Pemakaman, Niat, Sikap Mewah
Â
Abstract - This study aims to predict the behavior of buying a luxurious funeral, amid the situation of the increasing number of people who are in low socioeconomic status, plus the release of fatwa haram from MUI. This prediction is measured using Planned Behavior Theory of Acjzen (1975), with quantitative methods. The data collection tool is the intensity scale of Acjzen, and a sample of 80 (eighty) members of majlis taklim. The results show that all the factors described by IV have an influence of 67.6% on DV, and the remainder are influenced by other factors not investigated by this study. This means that attitude factors, subjective norms, and control over perceived behavior have an effect of 67.6% on the behavior of luxury funeral purchase. The most significant factor is the control of perceived behavior. Subsequent studies should use samples with larger numbers, and more varied (not just majlis taklim members). In addition to the larger number of samples it is necessary to consider collaborative research with other disciplines, such as economics. With a larger sample size and greater area coverage, the MUI may consider the results of this research as supporting data for issuing fatwas related to this phenomenon.
Â
Keywords - lavish funeral, intention, attitudeReferences
www.detik.com. (Diakses pada 28 September 2014).
www.jakarta.go.id. (Diakses pada 30 April 2014).
www.hukumonline.com. (Diakses pada 30 April 2014).
www.bps.go.id. (Diakses pada 30 April 2014).
M. E. Firmiana, R. Imawati and S. Rahmawati, . 2014. “Hubungan SSE dengan Persepsi Masyarakat terhadap Trend Pemakaman Muslim yang Mahalâ€. Seminar hasil Laporan Grant LP2M Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, 2014.
I. Ajzen, Attitude, Personality, and Behavior; Second Edition., Milton Keynes: Open University Press, 2005.
www.antara news.com. (Diakses pada 30 April 2014].
http://www.al-azhar.ac.id. (Diakses pada 30 April 2014).
http://www.berita-bisnis.com/data-bisnis/345-bisnis-pemakaman-makin-diminati.html. (Diakses pada 2012).
http://www.kabar6.com/tangerang-raya/kabupaten-tangerang/506-pembangunan-san-diego-hills-tangerang-dipercepat.html. (Diakses pada 2012).
http://mui.or.id/wp-content/uploads/2014/05/No.-09-Jual-Beli-Tanah-utk-Kuburan-dan-Bisnis-Lahan-Kuburan-Mewah.pdf. (Diakses pada 30 April 2014).
http://sales-sandiegohills.com/kuburan-islam/fitrah-mansion-san-diego-hills/. (Diakses pada 28 September 2014).
I. Salehudin and B. Luthfi, "Marketing Impact of Halal Labelling toward Indonesian Muslim Consumers Behaviour Intention Theory : Policy Capturing Studies on Five Different Product Categories," in 5 th International Conference on Business and Management Research (ICBMR), Depok, Indonesia, 2010.
M. S. &. A. I. Fishbein, Beliefs, Attitude, Intention, and Behavior., Massachussets: Wesley Publishing Company, 1975.
I. Ajzen, Attitude, Personality, and Behavior., Milton Keynes: Open University Press, 1988.
R. A. Baron, D. Byrne and N. Branscombe, . Social Psychology Eleventh Edition, Boston: Pearson, 2006.
S. W. Sarwono, E. A. Meinarno and (ed), Psikologi Sosial, Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2009.
http://people.umass.edu/aizen/tpb.html.
A. M. Laksmi, "Pengaruh Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif pada Kepemilikan Gadget Jenis SmartPhone di Kalangan Remaja di Jakarta Selatan, Skripsi Universitas Al Azhar Indonesia," Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, 2013.
E. Siswoyo and M. Malo, Sosiologi Konsumsi., Jakarta: Universitas Terbuka Press, 1999.
K. Hidayat, Psikologi Kematian, Mengubah Ketakutan Menjadi Optimisme, Bandung: Noura Books (Mizan Publika), 2012.
www.al-azhar.ac.id . (Diakses pada 30 April 2014).
R. A. Puspitasari, "Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang Dipersepsikan terhadap Intensi Perilaku Bullying non fisik pada Remaja (Studi Kasus pada Siswa SMP ABC di Jakarta Selatan yang Menonton Sinetron “Diam Diam Sukaâ€)," Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, 2014.
T. Mulya, ". Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Menggunakan TransJakarta untuk Pergi ke Tempat Kerja.," Universitas Indonesia, Depok, 2009.
K. Amaliah, "Peranan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control dalam Memprediksi Intensi Mahasiswa untuk Bersepeda di Kampus," Universitas Indonesia, Depok, 2008.
S. Vanderstoep and D. Johnston, Research Methodes for Every Day Life. Blending Qualitative and Quantitatif Approaches, San Fransisco: Jossey Bass, 2009.
S. Nasution, 2000. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 2000.