Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja Guru SD Awal

Authors

  • Suwardi Suwardi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Masni Erika Firmiana Universitas Al Azhar Indonesia
  • Fitrin Nida Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v3i1.200

Abstract

Abstrak- Sekolah memeliki peran penting dalam suksesnya tujuan pendidikan nasional. Komponen di sekolah berkontribusi secara aktif dalam keberhasilan proses pendidikan di sekolah, termasuk guru sebagai pengajar dan pendidik. Guru hendaknya memiliki loyalitas kerja dalam mendidik di sekolah, karena dengan loyalitas yang tinggi maka kinerja guru akan menjadi baik yang berdampak pada peningkatan kualitas mengajar.  Namun pada saat sekarang banyak guru yang kurang memiliki loyalitas kerja. Berdasarkan hasil tersebut perlu diteliti dan ditelaah pengaruh loyalitas guru-guru sekolah dasar (SD) di bawah Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengisian kuesioner oleh sejumlah sampel sebanyak 42 guru dari total 140 guru dengan teknik sampling acak sederhana. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa loyalitas guru berpengaruh terhadap kinerja guru  yang ditandai dengan perolehan koefisien determinasi  (r2y) sebesar = 0,932 yang berarti bahwa 93,2% loyalitas guru (X) berpengaruh terhadap kinerja guru  dan 6,8% ditentukan oleh faktor lain. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung = 0,349 selanjutnya diperoleh nilai ttabel untuk signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel = 1,64. Hasil thitung sebesar 0,349 lebih kecil dari ttabel = 1,64 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima. Hal ini berarti variabel loyalitas guru berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru.

 

Kata Kunci: loyalitas kerja, kinerja guru, SD awal

 

Abstract - Schools have an important role in the success of the national education goals. Components in schools contribute actively to the success of the educational process in schools, including teacher as a teacher and educator. Teachers should have the loyalty of work in educating in schools, because of the high loyalty then the performance will be good teachers that have an impact on improving the quality of teaching. However, at the present time many teachers who lack job loyalty. Based on these results need to be researched and studied the influence of loyalty elementary school teachers below the Al Azhar Islamic Pesantren Foundation. The method used is descriptive quantitative questionnaire by a sample of 42 teachers from a total of 140 teachers with simple random sampling technique. From the research we concluded that the loyalty of teachers affect the performance of teachers who are marked by the acquisition of the coefficient of determination (r2y) amounting = 0.932 which means that 93.2% of teachers loyalty (X) effect on the performance of teachers and 6.8% is determined by other factors. The analysis showed the value of t = 0.349 ttabel values obtained subsequent to the 5% significance values obtained t table = 1.64. Results thitung 0,349 less than the table = 1,64 so that H0 rejected and H1 accepted. This means the teacher loyalty variables not significant effect on teachers' performances.

 

Keywords: Loyalty Work, Performance of Teacher, Early Primary School

Author Biographies

Suwardi Suwardi, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Masni Erika Firmiana, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Fitrin Nida, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

References

Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung,p. 58, 2001.

Davis, Keith dan Newstrom, Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta, p. 78, 2000.

Djamarah, Zain, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta, p.36, 2006.

Kusmianto, Panduan Penilain Kinerja Guru oleh Pengawas, Diknas, Jakarta, p.49, 1997.

Muhyadi, Organisasi, Teori, Struktur dan Proses, LPTK, Depdikbud, Jakarta, p.251, 1989.

Mulyasa, E, Manajemen Berbasis Kompetensi dan Aplikasinya, Rosdakarya, Bandung, p.147, 2003.

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Quantum Teaching, Jakarta, p.178, 2005.

Sardiman, A.M., 1994, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, p. 163, Bandung, Rajawali Press.

Soekinjo. DR., Notoatmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta p.25, 1992

Steers R. M dan Porter L. W, Motivation and Leadership at Work, New York, McGraw Hill, p. 47, 1987.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Quantum Teaching, Jakarta, p. 154, 2005.

Downloads

Published

2017-12-20

Issue

Section

SERI HUMANIORA