Peran Neurolinguistik dalam Pengajaran Bahasa

Authors

  • Tri Budianingsih Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.203

Abstract

Abstrak-Pertama kali peneliti mengetahui peran neurolinguistik dalam pengajaran bahasa sempat mengalami kebingungan dalam memahami peran tersebut, karena penamaan yang terdengar asing bagi peneliti yang belum pernah didengar sebelumnya, tapi setelah peneliti memahami dan mengetahuinya peneliti mulai tertarik dalam penerapannya di dalam kelas dalam proses belajar mengajar. Metode ini sangat menerapkan pemahaman bahasa dalam otak kanan dan otak kiri manusia, memahami bahasa sasaran atau bahasa asing dengan menggunakan otak kiri atau otak kanan, hal ini dapat diketahui dalam makalah ini. Dari uraian tersebut dapat didefinisikan bahwa Neuro Linguistic Programming merupakan sebuah model yang memprogram interaksi antara pikiran dan bahasa (verbal dan nonverbal) sehingga dapat menghasilkan pikiran dan perilaku yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Neurolinguistict, Language Teaching, Right Brain and Left Brain

 

Abstract - The first time researchers know the role of neurolinguistics in language teaching was confused in understanding the role, because the naming that sounds unfamiliar to researchers who have never heard before, but after researchers understand and find out researchers began to be interested in the application in the classroom in the learning process.  This method greatly applies the understanding of language in the right brain and the human left brain, understand the target language or foreign language using the left brain or right brain, this can be known in this paper. From the description can be defined that Neuro Linguistic Programming is a model that program the interaction between the mind and language (verbal and nonverbal) so as to generate thoughts and behaviors that are expected.

 

Keywords: Neurolinguistik, Pengajaran Bahasa, Otak Kanan dan Otak Kiri

Author Biography

Tri Budianingsih, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Sastra China, Fakultas Sastra

References

Abdul Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Brown, H. Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education. 2008.

Carrol, David W. 1986. Psychology of Language. Pacific Groveâ€California: Brooks/Cole Publishing Company.

Dardjowidjojo, Soejono. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Grasindo. 2000.

Dardjowidjojo, Soejono. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2010.

Eric Jensen, Brain-Based Learning: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Field, John. 2003. Psycholinguistics: a resource book for students. New York: Routledge.

Fromkin, Victoria; Blair, David and Collins, Peter. 1999. An Introduction to Language. Sydney: Harcourt, Ltd

Gleason, Jean Berko dan Ratner, Nan Bernstein. 1998. Psycholinguistics. Victoria: Wadsworth Thomson Learning.

Ghannoe. Buku pintar NLP. Yogyakarta: Flash Books. 2010.

Hernowo. Quantum reading. Jakarta: MLC. 2003.

Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama,2005.

Pusponegoro, H.D. 1997. Apakah Perkembangan Anak Anda Normal? Dalam Simposium Autisme: Gangguan Perkembangan Pada Anak. Jakarta: Yayasan Autisme Indonesia.

Sutardi, Rudi. 1997. Autisme: Gangguan Perkembangan pada Anak. Dalam Simposium Autisme: Gangguan Perkembangan Pada Anak. Jakarta: Yayasan Autisme Indonesia.

Subyaktoâ€Nababan, Sri Utari. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2017-12-20

Issue

Section

SERI HUMANIORA