Pembelajaran Linguistik Arab di Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra UAI

Authors

  • Zaqiatul Mardiah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Afridesy Puji Pancarani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Dede Ridwanullah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v3i3.210

Abstract

Abstrak – Paper ini bertujuan untuk mengungkapkan masalah pembelajaran linguistik bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab UAI dalam kegiatan perkuliahan di setiap semester dan tesis akhir.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa di program studi sastra Arab menulis tesis sarjana mereka, seperti topic linguistik daripada topic lainnya. Namun, ketertarikan pada linguistic tidak diikuti oleh pemahaman dan penguasaan bahasa linguistic yang lebih baik. Dengan mewawancarai dan mengamati 20 responden siswa yang telah menyelesaikan tesis sarjana mereka, dan 4 orang dosen linguistik, masalah pembelajaran linguistik bahasa Arab akan terungkap dan solusi potensial akan diajukan.

 

Kata Kunci – Mata Kulia Linguistik Arab, Permasalahan, dan Solusi

 

Abstract - This paper aims to reveal the problems of Arabic linguistics learning in the Department of Arabic Letter UAI in the lecture activities in each semester and the final thesis. The result of the study revealed that more than 75% of students  in the Department of Arabic Letter that are writing their bachelor thesis, like a linguistics topics than other topics. However, the interest in the linguistics are not followed by the better understanding and  mastery about linguistics. By interviewing and observing 20 student respondents that have been finishing their bachelor thesis, and 4 linguistics lecturer respondents , the problem of Arabic linguistics learning will be revealed and the potential solutions  will be proposed.

 

Keywords: Arabic Linguistics learning, problems, and solutions

Author Biographies

Zaqiatul Mardiah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra

Afridesy Puji Pancarani, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra

Dede Ridwanullah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra

References

Basuki, Sunaryono K.S. 1999. Pengajaran dan Pemerolehan Bahasa untuk Orang Asing. www. Iaif.edu/bipa/July 1999

Fahrurrozi, Aziz. 2014. “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya “, dalam Arabiyat, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Jurnal.uinjkt.ac.id

Malone, D. 2002. Theoris and Research of Second Language Acquisition. MLE WS Bangkok

Hidayat, Nandang Sarif. 2012. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arabâ€, dalam An Nida, Jurnal Pemikiran Islam Vol.37 No.1 Jan-Juni 2012

Hurford, James R. 1990. Nativist and Functional Explanations in Language Acquaisition. University of Edinburgh.

Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder (Penyunting). 2007. Pesona Bahasa, Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia

Shafa, S. 2012. Teori Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Journal.iain_samarinda.ac.id

Downloads

Published

2017-12-20

Issue

Section

SERI HUMANIORA