Rancangan dan Penerapan Strategi Pembelajaran pada Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran di Program Studi PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36722/sh.v1i2.38Abstract
Rancangan dan penerapan strategi pembelajaran pada mata kuliah media dan teknologi pembelajaran merupakan suatu aktivitas latihan proses pembelajaran bagi mahasiswa. Dalam perancangan pembelajaran diperlukan kemampuan mahasiswa dalam  merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi sebagai sebuah system pembelajaran yang tersebar dalam berbagai mata kuliah. Dalam pelaksanaan aktivitas pembelajaran mahasiswa mengembangkan pembelajaran sesuai dengan pemahamannya terhadap filosofi pembelajaran yang mereka miliki, kemampuannya dalam menstruktur aktivitas sesuai tujuan yang ada dengan mempertimbangkan gaya belajar anak. Efektivitas dan efisiensi pembelajaran merupakan wujud dari pemahaman mahasiswa tentang teori yang diterjemahkan ke dalam praktek pembelajaran dalam bekerjasama dengan sesama mahasiswa dan dosen.
 AbstractFor the student of Early Childhood Education (ECE) designing and applying learning strategy in Media and Learning Technology subject is the process of teaching and learning activities where they directly experience the teaching ang learning process in the class. In order to be capable for designing learning activitities such as planning, actuating, and evaluating as a learning system, the students also need capabilities in some prerequisite subject. In developing teching and learning process, students caused by their philosophy on teaching, capabilities on structuring activities based on teaching goals regarding students learning style. The effectiveness and the efficiency of the teaching and learning strategy implement is based on students’ comprehension on theory and their capabilities in translating it into teaching and learning practice where their friends suppose to be students.