Proses Pencapaian Self Efficacy pada Mahasiswa Tunanetra

Authors

  • Raiza Aulia Universitas Airlangga
  • Duta Nurdibyanandaru Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.36722/sh.v5i4.408

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pencapaian self efficacy mahasiswa tunanetra, dengan mendeskripsikan proses pencapaian self efficacy mahasiswa tunanetra yaitu proses kognitif, proses motivasi, proses afektif, dan proses seleksi. Empat proses pencapaian self efficacy tersebut menunjukkan peristiwa yang terjadi dalam individu memengaruhi situasi seperti kondisi emosional yang mementingkan diri sendiri daripada pengaruh orang lain [16]. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan ketiga partisipan memiliki proses yang berbeda. Dua partisipan laki-laki mengalami tahapan yang sama yaitu proses motivasi, proses kognitif, proses afektif dan proses seleksi. Pada partisipan perempuan tahapannya yaitu proses motivasi, proses kognitif, proses seleksi dan proses afektif.

Abstract – This study aims to determine the process of achieving self-efficacy of blind students, by describing the process of achieving self-efficacy of blind students, namely cognitive processes, motivational processes, affective processes, and selection processes. The four processes of achieving self-efficacy show that events that occur in individuals affect situations such as emotional conditions that are selfish rather than the influence of others [16]. This study uses a qualitative case study design approach with data collection techniques through semi-structured interviews and data analysis using thematic analysis techniques. The results of this study indicate the three participants have different processes. Two male participants experienced the same stages, namely the motivation process, cognitive process, affective process, and selection process. In female participants, the stages are motivation process, cognitive process, selection process, and affective process.

Keywords - Self Efficacy, Child with Special Need, Blind Student

Author Biographies

Raiza Aulia, Universitas Airlangga

Program Studi Magister Sains Psikologi (S2), Fakultas Psikologi

Duta Nurdibyanandaru, Universitas Airlangga

Program Studi Magister Sains Psikologi (S2), Fakultas Psikologi

References

D. P. Hallahan, J. M. Kauffman, Exceptional Children: Introduction to Special Education (6th ed.), Pearson, Boston, 1994.

R. Aulia, Skripsi, Gambaran Self Efficacy pada Mahasiswa Tunanetra, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya, 2018.

E. Herlina, Heryati, S. Chotidjah, Profil Kebutuhan Psikologis Mahasiswa Tunanetra di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2008.

A. Sunaryo, Jutaan Tunanetra Berpendidikan Rendah Kesulitan Cari Pekerjaan, https://www.merdeka.com/peristiwa/jutaan-tunanetra-berpendidikan-rendah-kesulitan-cari-pekerjaan.html, 2016. (Diakses pada tanggal 20 Mei 2020)

J. H. Kusmargana, Jutaan Tuna Netra di Indonesia, Belum Dapat Akses Pendidikan, https://www.cendananews.com/2017/04/jutaan-tuna-netra-di-indonesia-belum-dapat-akses-pendidikan.html, 2017. (Diakses pada tanggal 21 Mei 2020)

D. A. Hapsari, Jumlah Mahasiswa Tuna Netra di Indonesia Bertambah, https://malang voice.com/jumlah-mahasiswa-tuna-netra-indonesia-bertambah/, 2017. (Diakses pada tanggal 26 Juni 2020)

M. Attamami, Mahasiswa difabel bisa kuliah di Universitas Brawijaya, https://jogja. antaranews.com/berita/298959/mahasiswa-difabel-bisa-kuliah-di-universitas-brawijaya, 2012. (Diakses pada tanggal 24 Juni 2020)

N. Rizal, Panduan Layanan Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi, https://issuu.com/nasrulrizal2/docs/panduan_layanan_mahasiswa_disabilit, 2018. (Diakses pada tanggal 24 Mei 2020).

D. Ginanjar, Kehilangan Penglihatan, Mimi Mariani Lusli Tetap Gigih di Dunia Pendidikan, https://www.jpnn.com/news/kehilangan-penglihatan-mimi-mariani-lusli-tetap-gigih-di-dunia-pendidikan, 2011. (Diakses pada tanggal 20 Mei 2020)

C. D. Steven, D. R. Sawitri, Bersyukur di Tengah Sedih dan Senangku: Studi Kualitatif Subjective Well-Being pada Mahasiswa Tunanetra, Jurnal Empati. 5(3), 439-442, 2016.

N. D. Khoeriah, A. N. Hidayat, Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa Tunanetra Prodi PLB FKIP UNINUS, Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi. 25(1), 1-5, 2016.

M. Bahar, Y.I. Aviani, Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Tunanetra, Jurnal Riset Aktual Psikologi. 6(2), 169-180, 2015.

F. Mangunsong. Psikologi dan Pendidikan Anak berkebutuhan khusus, Jilid kedua, Penerbit LPSP3 UI, Jakarta, 2014.

P. Hadi, Kemandirian Tunanetra, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagakerjaan Perguruan Tinggi, Jakarta, 2005.

Risma, Aksesibilitas Kampus bagi Mahasiswa Tunanetra, http://www.kartunet.com/ aksesibilitaskampus-bagi-mahasiswatunanetra-199. 2013. (Diakses pada tanggal 20 Mei 2020)

A. Bandura, Self efficacy: The Exercise of Control, W.H. Freeman and Company, New York 1997.

J. E. Ormrod, Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 1, (A. Kumara, Ed.), Erlangga, Jakarta, 2010.

R. A. Baron, D. Byrne, Psikologi Sosial Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2012

M. N. Ghufron, R. Risnawita, Teori-Teori Psikologi, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2010.

H. Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Salemba Humanika, Jakarta, 2015.

R. E. Boyatzis, Transforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development, Sage pub, Thousand Oaks, 1998.

M. R, Nababan, R. A. Nugroho, Sunardi, Working Paper at International Conference on Language and Culture at Work, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2011.

J. Feist, G. J. Feist, Theories of Personality (6th ed.), McGraw-Hill Companies, Inc, United States, 2006.

D. H. Powell, Understanding Human Adjustment: Normal Adaptations Through the Life Cycle, Little, Brown & Company, Canada, 1983.

A. A. Hidayat, A. Suwandi, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra: Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Penglihatan dalam Perspektif Pendidikan dan Layanan, Luxima Metro Media, Jakarta Timur, 2016.

F. Rasyid, Cerdaskan Anakmu dengan Musik!, Diva Press, Yogyakarta, 2010.

A. W. Widjaja, Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Bumi Aksara, Jakarta, 2002.

R. E. Slavin, Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik), Nusa Media, Bandung, 2008.

L. Mazidah, Kesejahteraan Psikologis Tunanetra Dewasa Dini (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Tunanetra Buta Total UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012

Downloads

Published

2020-09-15

Issue

Section

SERI HUMANIORA