Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik
DOI:
https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.63Abstract
Penelitian ini mendiskusikan hubungan antara disiplin beribadah dan dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa pada perguruan tinggi swasta berbasis nilai-nilai keislaman di Jakarta. Penelitian ini adalah survey yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik korelasi. Sebagai alat pengumpulan data dipergunakan kuesioner dengan skala tipe Likert yang mengukur disiplin beribadah, dukungan sosial dan stres akademik yang dirasakan mahasiswa dan disiplin beribadah mahasiswa yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil baik. Analisis data pada mahasiswa ini menunjukkan bahwa disiplin beribadah memiliki korelasi yang negatif dengan stres akademik, tetapi dukungan sosial tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan stres akademik. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan kontekstual pada variabel yang memengaruhi stres akademik. Dalam hal ini, disiplin beribadah lebih memengaruhi mahasiswa dibandingkan dengan dukungan sosial dalam mengatasi stres akademik yang mereka miliki. Dengan demikian, penanaman nilai-nilai agama yang mementingkan pentingnya hubungan antar manusia dalam konteks akademik menjadi sangat penting dalam lingkungan ini.AbstractÂThis study discussed on the relation-ship between religious ritual discipline, social support and academi  stress in Islamic based private university in Jakarta. This study was a quantitative survey with correlational statistical techniques. As data collection tools, Likert type scale questionnaire was used measuring the religious ritual discipline, social support and perceived academic stress of students, which previously had validity and reliability testing with good result. Data analysis on this university students showed that the religious ritual discipline had a negative correlation with academic stress, but social support did not have a significant correlation with academic stress. These results indicate the existence of contextual differences on variables that affect academic stress. In this research, religious ritual discipline served more influence than social support to the students in dealing with academic stress they experienced. Thus, the cultivation of religious values that emphasizes the importance of human relationships in an academic context becomes very important in this environment.