Kompetensi Metodologis Dosen Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia dalam Pengajaran Kemahiran Berbahasa Asing
DOI:
https://doi.org/10.36722/sh.v1i4.78Abstract
Ada lima unsur yang sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah pengajaran dalam pembelajaran bahasa asing, kelima unsur ini adalah: Tujuan pengajaran, bahan ajar, metode pengajaran, media pengajaran/alat peraga dan teknik evaluasi. Untuk menunjang kualitas penguasaan bahasa asing yang dipelajari oleh peserta didik, diperlukan strategi dan metode yang tepat dan sesuai dalam proses pembelajaran. Kondisi peserta didik di pendidikan tinggi, kecakapan dan kemahiran dosen, dan lingkungan sekitar ikut menentukan strategi dan metode yang dipilih. Pemilihan metode yang tepat dalam pengajaran bahasa asing sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Disinilah peran penting pengajar dalam memilih metode yang tepat yang akan digunakan dalam pembelajaran yang diadakan. Sejauh tingkat ketercapaian satu materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran? Jawabannya adalah sejauh mana juga pengajar memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam pengajaran dimaksud.Abstract
There are five factors which significantly influence the successful of the teaching and learning foreign languages. These are: the aims of teaching, the kind of material used, the method of teaching, the means or media of teaching and the evaluation techniques applied. The methodology and strategies of learning will support the best quality of proficiency of the learners. Other influencial factors to the choice of the strategies and the methods are: the condition of the learners, their proficiency, the quality of the lecturers and the environment. Indeed, the right method of teaching foreign language will determine the the final goal of learning. Therefore, the role of lecturer is crucial. How far the level of material difficulties can be achieved through the answer of how far the lecturer determines the right methodology to his teaching.