Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia

Authors

  • Gayatri Atmadi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Sri Riris Wahyu Widati Universitas Al Azhar Indonesia

Abstract

Abstrak - LPPOM MUI atau Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia merupakan lembaga terpercaya yang wajib menyebar luaskan informasi terkini tentang berbagai produk halal dan proses sertifikasi halal kepada masyarakat Indonesia. Berbagai jenis media komunikasi yang biasa digunakan masyarakat baik cetak mau pun elektronik dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin bila didukung dengan penyusunan strategi pemilihan media komunikasi yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam kepada dua informan dari pihak internal LPPOM MUI, yaitu : Kepala Bidang Sosialisasi & Promosi Halal dan Kepala Bidang Informasi Halal. Sebagai kerangka pemikiran, penelitian ini menggunakan pendekatan strategi komunikasi menurut hasil pemikiran dari Laurie J. Wilson & Joseph D. Ogden yang mengulas beberapa tahapan dalam strategi komunikasi, seperti : Riset, Perencanaan Aksi, Komunikasi dan Evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak LPPOM MUI telah menggunakan media komunikasi yang beragam di masyarakat, seperti ; majalah, website, facebook, Direktori Halal dan pameran sehingga makin lama makin banyak orang yang memperoleh informasi terkini seputar produk halal di Indonesia. Namun demikian, untuk mengoptimalkan penggunaan media komunikasi yang sudah dimanfaatkan saat ini, peneliti menyarankan agar pihak LPPOM MUI bisa melakukan evaluasi dengan lebih mendalam terutama untuk penggunaan media sosialnya.

 

Abstract - LPPOM MUI or The Assessment Institute for Foods, Drugs and Cosmetics, the Indonesian Council of Ulama is trusted institutions are obliged to disseminate current information about various products and halal halal certification process to the people of Indonesia. Various types of media communication, such as print media  or electronic media, can be utilized for the society of Indonesia when supported with the good arrangement of selective media communication strategy.   This research uses descriptive-qualitative research methods with conducting depth-interviews to the two informants from internal party LPPOM MUI, namely : Dept. Head of Socialization & Promotion of Halal and Dept. Head of Halal Information. As a frame of mind, this research uses the approach of communication strategy according to the results of thought of Laurie j. Wilson & Joseph d. Ogden that reviews some stages in the communication strategy, such as: research, action planning, communication and evaluation.  The results of  this study indicate that the LPPOM MUI has been using various communication media in the community, such as magazine, website, facebook, Halal Directory and exhibition  so that more people are getting the most current information about halal products in Indonesia. However, to optimize the use of the communication media which has been exploited, the researchers suggest that the LPPOM MUI was able to do a more in-depth evaluation is primarily for the use of social media.

 

 

Keywords – communication strategy, sosialisation, promotion

Downloads

Published

2015-11-03

Issue

Section

SERI PRANATA SOSIAL