Repository Portofolio TA Mahasiswa Teknik Informatika UAI
DOI:
https://doi.org/10.36722/sst.v4i1.243Abstract
Abstrak – Tugas Akhir (TA) merupakan tahapan terakhir yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa untuk menjadi sarjana. TA merupakan suatu bentuk implementasi mahasiswa terhadap ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Di Universitas Al Azhar Indonesia, khususnya prodi Teknik Informatika, buku laporan TA yang telah dikumpulkan disimpan di Sekretariat Fakultas dan perpustakaan Universitas, sedangkan CD laporan TA disimpan di laboratorium. CD yang disimpan di laboratorium semakin hari semakin banyak dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Mahasiswa yang membutuhkan informasi terkait dengan penelitian yang akan dilakukan akan datang ke perpustakaan dan membaca buku laporan TA yang tersimpan. Mahasiswa juga dapat melihat abstrak dan file TA di website perpustakaan, tapi terbatas untuk laporan TA dengan nilai A. Untuk memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mendapatkan informasi mengenai TA, maka dibuatlah sebuah repository portofolio TA mahasiswa. Melalui repository ini mahasiswa dapat melihat laporan TA dari seluruh lulusan Teknik Informatika UAI berupa poster dan screen shoot aplikasi atau hasil penelitian yang telah dilakukan. Dengan adanya repository ini, membantu prodi Teknik Informatika dalam menyimpan data-data mengenai laporan TA mahasiswa dengan baik dan terawat. Repository ini juga memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk mendapatkan referensi penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dari banyak laporan TA melalui satu aplikasi.
Â
Kata Kunci – Repositori, Portofolio, TA, Perguruan Tinggi, Web Based Application.
Â
Abstract - Final Project is the last stage that must be passed by every student to become a scholar. Final project is a form of student implementation of the sciences that have been studied during the lecture to solve a problem. At the University of Al Azhar Indonesia, especially Informatics Engineering Department, the book of collected final project reports is stored in the Faculty and University Library Secretariat, while the final project report CD is stored in the laboratory. CD stored in the laboratory are getting more and more and are not being utilized properly. Students who need information related to the research to be conducted will come to the library and read the book of the stored final project reports. Students can also view abstracts and final project files on library websites, but are limited to final project reports with a value. To provide ease in storing and getting information about final project, then made a repository of final project portfolio of students. Through this repository, students can view final project reports from all UAI Informatics Engineering graduates in the form of poster and screen shoot application or research result that has been done. This repository also makes it easy for students to get research references that have been done before from many final project reports through one application.
Â
Keyword – Repository, Portofolio, Final Project, University, Web Based Application.References
F. Kartika, Samadri, Y.Anton. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP dan My SQL. Telkomnika Vol 6. 2008.
http://telkomnika.ee.uad.ac.id/n9/files/Vol.6No.2Agt08/6.2.8.08.05.pdf. (Diakses pada Oktober 2016)
Minarni, S.Fazril Hadi. Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web pada Politeknik Kesehatan Padang. Jurnal teknologi informasi & pendidikan ISSN : 2086 - 4981 . vol. 3. no. 1. maret 2011. http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol3No1Maret2011-Minarni-Fazril%20Hadi%20Saputra.pdf. (Diakses pada September 2016)
Guidelines for the creation of institutional repositories at universities and higher education organisations / Alfa Network Babel Library. Valparaiso: Columbus : Europe Aid Co-Operation Office : Babel Library, 2007. https://www.jiscmail.ac.uk/cgi-bin/webadmin?A3=ind0709&L=jisc-repositories&P=287413&E=2&B=------_%3D_NextPart_001_01C7F6D4.A1B06912&N=Guidelines+IR+english.pdf&T=application%2Fpdf. (Diakses pada September 2016)
Collins,A, 1992. Potofolio for Science Education: Issues in Purpose, Structure, and Authenticity. Science Education.76(4): 451-463.
Paulson, F.L and Meyer, C.A., 1991. What Make Portofolio? Eight Thoughtfulo Guidelines Will Help Educations Encourage Self Directed Learning: Educational Leardership.
Tutorials Point. Wordpress Tutorials Point,: Simply Easy Learning. 2015. http://www.tutorialspoint.com/wordpress/wordpress_tutorial.pdf. (Diakses pada September 2016)