MENANAMKAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI PENGARUH MEDIA IKLAN MAKANAN TERHADAP POLA MAKAN ANAK USIA 4-6 TAHUN

Authors

  • Hanna Fakhriyah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Suwardi Suwardi Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.583

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner (angket). Pengambilan data dilakukan di Taman Kanak-Kanak yang berada lingkungan Pancoran sebanyak 3 lembaga dengan subjek penelitian adalah orang tua. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji persamaan regresi linear sederhana, uji linearitas dan uji analisis determinasi. Data yang sudah diklasifikasikan, disajikan dan ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik. Hasil pengolahan data diketahui bahwa media iklan makanan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,431 terhadap pola makan anak usia 4-6 tahun. Untuk uji linier sederhana mendapatkan hasil olah data Y= 1,520 + 2,047X sedangkan uji analisis determinasi mendapatkan perolehan data sebesar 6,7% pengaruh variabel media iklan makanan terhadap pola makan anak usia 4-6 tahun. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh media iklan makanan terhadap pola makan anak usia 4-6 tahun di taman kanak-kanak di Kelurahan Pancoran. Adapun saran yang diberikan adalah bagi orang tua untuk dapat menambah pengetahuan tentang pemberian menu utama dengan cara menyusun menu utama secara variasi dari rasa, jenis dan bentuknya, sehingga anak tertarik untuk makan makanan yang disajikan di rumah. Bagi guru sebaiknya selalu mengingatkan kepada anak murid dan orang tua untuk membawa makanan yang sehat dan bergizi, dan bagi pengelola sekolah yang belum membuat jadwal menu sehat atau makan bersama dengan menu-menu yang bergizi setiap bulan bahkan disetiap minggunya.

Author Biographies

Hanna Fakhriyah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Suwardi Suwardi, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Almatsier, S. (2005). Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damayanti. (2010). Makanan anak usia sekolah dan tips memberi makan anak usia sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Depkes RI. (2011). Target tujuan pembangunan MDGs. Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 23 tahun 2009 tentang kesehatan. Jakarta

Hackley, C. (2005). Advertising and Promotion: Communicating Brands. London: SAGE

Hartono. (2005). Hubungan konsumsi makanan, kebiasaan jajan, pola aktivitas fisik dengan status gizi siswa FKM UI. Depok.

Herdanu, Refky. (2017). Pengaruh iklan televisi terhadap minat beli pada produk susu Anlene PT. Fonterra Brand. Universitas Lampung.

Kuroifah, M. (2014). Pengaruh daya tarik iklan makanan instan di televisi terhadap perilaku konsumsi makanan pada mahasiswa kos. Universitas Negri Yogyakarta

Kotler dan Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Notoadmodjo. (2007). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rieke Cipta.

Proverawati, A dan Wati, E K. (2011). Ilmu gizi untuk perawat dan gizi kesehatan. Yulia Medika: Yogyakarta.

Purwaningwulan, M.M. (2013). Daya tarik pesan iklan humor. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol 10 No.1.

Rahman, A. (2010). Strategi dahsyat marketing mix for small business: Cara Jitu Merontokkan Pesaing. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Santoso, Soegeng. (2008). Kesehatan dan gizi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soenardi, T., Tim Yayasan Gizi Kuliner Jakarta. (2013). Teori dasar kuliner. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumartono. (2010). Perangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta

Shimp, T.A. (2003). Periklanan promosi. Jakarta: Erlangga

Swastha. (2008). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Soenardi. (2005). Makanan balita untuk tumbuh sehat dan cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wahyudi. (2013). Iklan televisi dan perilaku konsumtif anak-anak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

_______________. (2002). Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles