PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN CERITA DAN LAGU TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK

Authors

  • Winda Dwi Putri Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.585

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh video pembelajaran cerita dan lagu terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di PAUD Harmoni. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental (eksperimen yang betul-betul) dengan teknik Postest Only Control Design. Sampel penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 30 orang yang dibagi menjadi 2 kelas terdiri dari 15 anak sebagai kelompok eksperimen (video) dan 15 anak sebagai kelompok kontrol (buku cerita). Indikator kemampuan berbicara yang digunakan adalah kemampuan mengulang kembali kalimat sederhana, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, dan menceritakan kembali cerita atau dongeng yang pernah didengar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan yang digunakan untuk melakukan penilaian posttest antara kelas kontrol (buku cerita) dan kelas eksperimen (video) dan dokumentasi.Hasil analisis data posttest pada nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen (video) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (buku cerita), yaitu sebesar 30.2667 untuk kelas eksperimen (video) dan 22.0667 untuk kelas kontrol (buku cerita). Jika dilihat dari standar deviasinya kelas eksperimen (video) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (buku cerita) yaitu 3.12745 untuk kelas eksperimen (video) dan 2.34419 untuk kelas kontrol (buku cerita). Hal ini juga ditunjukkan dengan hasil uji  Independent  Sample  T-test  pada bagian equal variances assumed  diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, menunjukkan bahwa 0.000 < 0.05 maka H0  ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai belajar kelas control (buku cerita)  dan kelas eksperimen (video). Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran cerita dan lagu yang dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kelas yang diberi video pembelajaran cerita dan lagu (treatment) dengan kelas yang tidak diberi perlakuan (control).

Author Biographies

Winda Dwi Putri, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nila Fitria, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Akhadiah, S., dkk. (2012). Pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ashyar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Darwanto. (2007). Televisi sebagai media pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran . Yogyakarta: Gava Media .

Gunarti, W., dkk. (2008). Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kustandi, C., Sutjipto, B. (2011). Mendia pembelajaran: manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Peraturan Menteri RI Nomor 137 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prastowo, A. (2011). In panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sadiman, A.S., dkk. (2011). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S.E., dkk. (2008). Instructional technology and media for learning (ninth edition). NJ: Pearson Education Inc.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1. 2014. Jakarta: diperbanyak oleh CV Sinar Grafika.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV. Sinar Grafika.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Usman, Basyiruddin. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Yusuf, S. (2000). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Rosda Karya.

http://aldosamosir.files.wordpress.com//yahoo.com Diakses tanggal 20 Juli 2019

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles