PERAN GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMECAHKAN MASALAH DI SENTRA BAHAN ALAM

Authors

  • Sela Romanti Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah adalah ketika seorang anak merencanakan, memprediksi, mengambil keputusan, mengobservasi hasil dari aksinya, kemudian membuat kesimpulan, sementara guru bertindak sebagai fasilitator, yang dintandai dengan anak mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenal benda berdasarkan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam mening katkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah di sentra bahan alam TK Islam Al Azhar 45 Grand Depok City. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru sentra, dan anak kelas A1 di sentra bahan alam. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah melakukan perannya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah dengan bertindak sebagai fasilitator, informator, organisator, mediator, inisiator, evaluator, serta motivator.

Author Biographies

Sela Romanti, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Rohita Rohita, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Balitbang Depdiknas. (2007). Standar isi pendidikan anak usia dini.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan anak usia Dini. Jakarta

Latif, M., dkk. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Moleong, L.J. (2010). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Y. (2011). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rebecca, I. (1995). The complete learning center book. Beltsville: Gryphon House

Sekolah Al-Falah. (1996). Panduan pendidikan sentra untuk PAUD. Jakarta

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yudhistira. (2012). Pendidikan karakter dengan motode sentra. Bekasi: Media Pustaka Sentra.

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles