KEGIATAN PRACTICAL LIFE: UPAYA PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.829Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan practical life sebagai upaya dalam menanamkan kemandirian pada anak usia 3-4 tahun, mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta penilaiannya. Penelitian yang dilakukan di KB Islam Al Azhar 17 Bintaro dengan kepala sekolah, 2 guru kelas, dan 22 anak sebagai sumber data ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Model Miles and Huberman digunakan untuk melakukan analisis data yang mencakup tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan practical life untuk menanamkan kemandirian anak usia 3-4 tahun di KB Islam Al Azhar 17 Bintaro dilakukan dengan membuat perencanaan kegiatan practical life dan mencantumkannya dalam RPPM dan RPPH, memberikan kegiatan berupa membuka dan menutup pakaian; membawa cangkir, piring, dan nampan; serta membuka dan menutup pintu. Metode yang digunakan adalah metode praktek langsung, dengan menggunakan media berupa benda sesungguhnya yaitu bingkai pakaian dengan resleting, perekat, dan kancing; cangkir, piring, nampan, serta pintu kelas. Â Penilaian terhadap capaian kemandirian anak dilakukan menggunakan teknik observasi dengan ceklist.Â
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Seri 1. Jakarta.
Gordon, A., & Browne, K. (2014). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education nineth edition. USA: Wadsworth
Gufron, M.N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Houver, J.D., Holmes, D.B., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin & Review. 20(4). 1-18. DOI: 10.3758/s13423-013-0386-3
Kusumo, E.L. (2016). Montessori Di Rumah. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Larasati, T.D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Practical life Terhadap Kemandirian Mengurus Diri Pada Anak Usia Dini (Penelitian di KB ‘Aisyiyah Budi Mulia Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morrison, G. S. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Noordianti. (2018). Asuhan Kebidanan, Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Pra Sekolah. Malang: Wineka Media.
Parinduri, E. (2012). Studi Identifikasi Motivasi Orangtua Menyekolahkan Anaknya Ke Preschool Di Taman Kanak-Kanak Panca Budi. Skripsi. Universitas Medan Area.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical life (Penelitian Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota). Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1). 181-200. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.11
Rohita & Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman KanakKanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1). 53-62.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i1.255.
Suyanto, Slamet. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK, Depdiknas Dirjen Dikti Dir. Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Wolfgang, C.H., & Wolfgang, M.E. (1992). School for Young Children. Developmentally Appropriate Practice. USA: Allyn & Bacon.
Yamin, M., & Sanan, J.S. (2012). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.