PENANAMAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Putri Wimbi Tria Rizky Al-Azhar University
  • Putri Aulia Diani Al-Azhar University

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman sosial emosional dalam pembelajaran model sentra di TK Ketilang Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik utama dalam pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini mengunakan model Milles and Hubberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru kelompok B pada kelas B4 TK Ketilang Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan model pembelajaran sentra terdapat perubahan dalam sistem belajar yaitu dengan hanya menerapkan 1 (satu) sentra dalam satu hari. Perkembangan sosial emosional terkendala karena kurangnya sosialisasi dan interaksi anak dengan teman dan guru sehingga anak cepat marah dan merasa malu saat pembelajaran. Penanaman kemampuan sosial emosional dilakukan dengan cara mengadakan interaksi antara guru dan anak melalui home visit 1 bulan sekali; meminta anak untuk melakukan kegiatan interaksi bersama ayah, ibu, kakak, adik, seperti membersihkan rumah, memasak hingga berkebun; memperkenalkan anak dengan teman-temannya yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung, serta mengajak anak-anak memberikan tepuk tangan bila temannya berhasil mengerjakan atau menjawab sesuatu. Media yang digunakan untuk menanamkan kemampuan sosial emosional adalah video pembelajaran

References

Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Covid-, M. P., & Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. 5(September), 133–140.

Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–18. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/view/8172/7457

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi pendidikan anak usia dini saat pandemi covid-19 child education in the family as an early childhood. 7(1), 41–51.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. PT. Grafindo Persada.

Sugiono, S., & Kuntojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04

Sukma, A. S. (2020). Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid Sit Al Biruni Jipang Kota Makassar. Education and Human Development Journal, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1453

Warhandika, F. F., R, D. A., & Permatasari, D. N. (2020). Pembelajaran Berbasis Applied Learning Untuk Meningkatkan Bahasa Inggris Mim Pk Kartasura. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 61–66. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11613

Question And Answer About Coronavirus: Https://Www.Who.Int/Indonesia/News/Novel-Coronavirus/Qa/Qa-For-Publicdiakses pada tanggal 25 April 2021 pukul 16.32 WIB

Downloads

Published

2022-02-02

Issue

Section

Articles