PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN GAME POWERPOINT

Penulis

  • Febby Ristyadewi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nila Fitria

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1814

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis anak dengan game powerpoint. Kemampuan berpikir logis dibutuhkan, karena berpikir logis membuat seseorang dapat berpikir secara masuk akal. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan stastistika sederhana.  Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan dengan mengajak anak bermain game powerpoint. Hal ini diketahui dari rata-rata anak yang mendapatkan skor 4 pada setiap indikator. Adapun indikator dan hasil skor setiap siklus yaitu, indikator menyebutkan anggota tubuh berdasarkan nama meningkat sebesar 42%. Indikator membedakan ukuran besar dan kecil meningkat sebesar 33%. Indikator mengelompokkan anggota tubuh berdasarkan pasangannya meningkat sebesar 33%. Indikator menyusun puzzle panca indera meningkat sebesar 25%. Indikator mengurutkan pola AB-AB meningkat sebesar 44%. Indikator menyebutkan fungsi anggota tubuh meningkat sebesar 33%. Dan, pencapaian pada siklus III sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa game powerpoint dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak dalam mengklasifikasi nama, ukuran, dan fungsi, mengelompokkan, mengurukan pola dan menyusun puzzle.

Referensi

Fathonah, M. F., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2020). Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 142. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39789

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri, 2(1), 21–32.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rohimah, N., & Aprianti, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Untuk Anak Usia Dini melalui Kegiatan Membentuk Plastisin. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 93–101.

Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Maze Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562

Safita, M., Suryana, D., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Padang, N. (2022). Pengenalan warna melalui media stik warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 28–43.

Sanjaya, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (E. Wahyudin (ed.); 1st ed.). KENCANA.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117

Diterbitkan

2023-01-31

Terbitan

Bagian

Articles