PENUMBUHAN MINAT BACA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI KOMPLEK LANATA RESIDENCE 2

Penulis

  • Farisa Khalidia Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.566

Abstrak

Minat baca anak-anak pada saat ini perlu ditumbuhkan. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa anak-anak yang tinggal di Komplek Lanata Residence 2 memiliki minat baca yang rendah. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat baca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penumbuhan minat baca anak di Komplek Lanata Residence 2, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri 5 (lima) orang ibu, 3 (tiga) orang anak perempuan dan 2 (dua) orang anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dari Miles and Huberman yang prosesnya dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan (triangulasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penumbuhan minat baca pada anak-anak di Komplek Lanata Residence 2 dilakukan dengan menggunakan metode  tiru bunyi, coba tulis, latih baca, tebak contoh, dan latih kata dan kalimat. Media yang digunakan adalah buku bacaan kisah nabi, buku pelajaran, buku cerita atau novel

Biografi Penulis

Farisa Khalidia, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Rohita Rohita, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

Arikunto, S. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2009). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.

Ekawarna, (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. (2009). Mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia.

Nurbaiti, A. (2011). Pengaruh latihan menggambar terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Skripsi Program Studi PAUD UAI. Tidak Diterbitkan.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini.

Sanytiasa, B.R. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui bermain play dough. Skripsi Program Studi PAUD UAI. Tidak Diterbitkan.

Seefeldt, C.B., Wasik A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, lima tahun masuk sekolah. Jakarta.

Diterbitkan

2021-01-19

Terbitan

Bagian

Articles