STIMULASI GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 1-4 TAHUN MELALUI METODE GERAK DAN LAGU

Penulis

  • Intan Nisa Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Suwardi Suwardi Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.571

Abstrak

Gerak lokomotor sangat melekat erat dan tidak dapat dipisahkan pada perkembangan motorik kasar anak, untuk itu perlu dilakukan stimulasi terkait kemampuan gerak lokomotornya yang  sesuai dengan kelompok usia. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitiannya itu koordinator, guru play class, serta orangtua play class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok kelas Runner (16-24 bulan) stimulasi kemampuan berjalan, berlari dan melompat dilakukan dengan menggunakan lagu walk jump run, chochoc train, welcome to little jack, serta good bye song. Pada kelompok kelas Explorer (2-3 tahun) stimulasi kemampuan berjalan, berlari dan melompat dilakukan denganmenggunakan lagu walk jump run, chochoc train, welcome to little jack, jumping jack, serta good bye song. Sementara pada kelompok Kiddos (3-4 tahun) pada kelompok kelas Explorer (2-3 tahun) menstimulasi kemampuan berjalan, berlari dan melompat menggunakan lagu walk jump run, chochoc train, welcome to little jack, jumping jack,  serta good bye song. Pemberian stimulasi gerak lokomotor pada masing-masing usia, beberapa sudah sesuai dengan prinsip dasar stimulasi namun belum disesuaikan dengan usia atau kelompok anak seperti yang terdapat pada kriteria pemilihan media yakni pengelompokan sasaran. Saran yang dapat diberikan terkait stimulasi gerak dan lagu yang diberikan, hendaknya media yang digunakan diklasifikasikan berdasarkan kelompok usia. Sebaiknya pihak sekolah memberikan kegiatan dengan memperhatikan Peraturan Menteri 146 tahun 2014 serta guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan usia anak, agar kemampuan anak dapat berkembang sesuai tahapan dan usianya.

Biografi Penulis

Intan Nisa, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Suwardi Suwardi, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Beaty, J.J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Kesehatan RI. (2012). Pedoman deteksi dini tumbuh kembang balita. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar 2008. Pengembangan kemampuan motorik kasar di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Maimunah, H. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.

Hastuti. (2012). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Tugu Publisher.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Herdiana, I. Psikologi perkembangan dan pendidikan anak usia dini sebuah bunga rampai. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Kamtini, D.T., Husni, W. (2005). Bermain melalui gerak dan lagu di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

George, S.M. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diana, M. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Nursalam. (2005). Asuhan keperawatan bayi dan anak (untuk perawat dan bisan). Jakarta: Salemba Medika.

Papalia, O. (2009). Perkembangan manusia, penerjemah brian marswandy. Edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini.

Samsudin. (2008). Pembelajaran motorik di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenada Media

Soetjiningsih. (2010). Bahan ajar: ilmu tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Diterbitkan

2021-01-20

Terbitan

Bagian

Articles