PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579Abstrak
Kemampuan guru dalam mengelola kelas yaitu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang menyenangkan, mempersiapkan sarana dan prasarana, mengatur ruang belajar dan mengatur waktu guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendapatkan data secara empiris tentang pengaruh kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dan sampel penelitian ini adalah 38 guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Rangkasbitung, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner tertutup dengan alat ukur skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana menggunakan program software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan pembelajaran efektif di TK dengan nilai persamaan regresi Ŷ= 54,256+135, dan besaran R Square sebesar 1.6%.Referensi
Adeyemo. (2012). The relationship between effective clasroom management and students academis achievement. European Juornal of Education Studies: Nigeria. Volume 4 (3). 15 hlm. www.ozelacademy, diakses 20 Maret 2019
Aqib, Z. (2009). Belajar dan pembelajaran di taman kanak-kanak. Bandung: Yrama Widya.
Cerit, Y. (2015). Teacher’s perceptions of classroom management orientations in turkish and latvia contexts: a comparative study. Journal of Educational and Instructional Studies in the World. Volume 5. No. 10
Daryanto. (2015). Pengelolaan kelas dan iklim sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.
—. (2005). Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta .
Erwin, W. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Fadillah, dkk. (2014). Edutainment pendidikan anak usia dini. menciptakan pembelajaran menarik, kreatif, dan menyenangkan. Jakarta: Perdana Media.
Fadillah, M. (2012). Desain pembelajaran paud: tinjauan teoritik dan praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Gurupendidikan.com. (2019). Empat standar kompetensi guru. Di Akses pada 30 september 2019), dari https://www.gurupendidikan.co.id/kompetensi-guru/
Harjali. (2019). Penataan lingkungan belajar strategi untuk guru dan sekolah. Seribu Bintang. Malang Jakarta Timur.
Isti Qoma, Dewi. (2016). Persepsi guru dalam mengelola ruang kelas PAUD. Skripsi. FKIP Universitas Lampung.
Mariyana R., Nugraha, A., Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Kencana Prenada Group
—. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar belajar. Bandung: Kencana Pernada Group.
Miarso, Y. (2004). Menyemahi benih teknologi pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.
Mulyadi. (2009). Classroom management. Malang: UIN-Malang Press
Mulyasa. (2013). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya .
Rusdinal., Elizar. (2005). Pengelolaan kelas di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sedarmayanti., Hidayat, S. (2011). Metodologi penelitian. Bandung: Mandar Maju .
Semiawan, C. (2008). Belajar dan pembelajaran prasekolah dan sekolah dasar. Jakarta: PT Index.
Stiyani, I.Y. (2014). Pengaruh kemampuan berfikir kritis dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansipada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&B. Bandung: Alfabeta.