KETERBACAAN VISUAL MEDIA BUKU CERITA FABEL “KURA-KURA SANG JUARA”

Penulis

  • Silvi Luftiah Hasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Atin Fatimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Kristiana Maryani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.711

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendapakan informasi tentang Keterbacaan Visual Media Buku Cerita Fabel “Kura-Kura Sang Juara†Anak Usia 5-6 Tahun di Cluster Rakata Green Hill Kelurahan Ciwedus Kecamatan Cilegon Kota Cilegon-Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan validasi uji ahli. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa keterbacaan visual media buku cerita fabel “Kura-Kura Sang Juara†anak usia 5 – 6 tahun di Cluster Rakata Green Hil adalah baik.

Referensi

Adipta, H., Maryaeni, M,. & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. 1(5), 989-992.

Arizpe, E., & Styles, M. (2015). Children Reading Picturebooks: Interpreting Visual Texts. London: Routledge.

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 28(3), 249-256.

Mitchell, D. (2003). Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Siswa dan Pengantar Memahami Dunia Siswa. Yogyakarta: UGM Press.

Pranayama, A. (2006). Teaching Visual Literacy Through Digital Photography And Imaging Exercises. 8(2), 58-64.

Riddle, J. (2009). Engaging The Eye Generation: Visual Literacy Strategis For The K-5 Classroom. USA: Stenhouse Publisher.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran Untuk Siswa TK. Jakarta: Depdiknas.

Diterbitkan

2021-08-03

Terbitan

Bagian

Articles