KETERBACAAN VISUAL MEDIA BUKU CERITA FABEL “KURA-KURA SANG JUARAâ€
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.711Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendapakan informasi tentang Keterbacaan Visual Media Buku Cerita Fabel “Kura-Kura Sang Juara†Anak Usia 5-6 Tahun di Cluster Rakata Green Hill Kelurahan Ciwedus Kecamatan Cilegon Kota Cilegon-Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan validasi uji ahli. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa keterbacaan visual media buku cerita fabel “Kura-Kura Sang Juara†anak usia 5 – 6 tahun di Cluster Rakata Green Hil adalah baik.Referensi
Adipta, H., Maryaeni, M,. & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. 1(5), 989-992.
Arizpe, E., & Styles, M. (2015). Children Reading Picturebooks: Interpreting Visual Texts. London: Routledge.
Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 28(3), 249-256.
Mitchell, D. (2003). Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Siswa dan Pengantar Memahami Dunia Siswa. Yogyakarta: UGM Press.
Pranayama, A. (2006). Teaching Visual Literacy Through Digital Photography And Imaging Exercises. 8(2), 58-64.
Riddle, J. (2009). Engaging The Eye Generation: Visual Literacy Strategis For The K-5 Classroom. USA: Stenhouse Publisher.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, S. (2005). Pembelajaran Untuk Siswa TK. Jakarta: Depdiknas.