Selebriti dan Fandom di Era Media Sosial: Fenomena Selebgram

Authors

  • Safira Hasna Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.893

Abstract

Perkembangan media sosial membuat pergeseran arti selebriti yang semula traditional celebrities yang dapat dikategorikan sebagai aktor, musisi, model, bergeser menjadi “micro celebrities†dan lahir fenomena selebgram atau selebriti Instagram di Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena selebriti Instagram dengan meninjau beberapa konsep yang terkait dengan selebriti dan fandom di era media sosial. Penelitian menggunakan studi kepustakaan yaitu merinci konsep yang berkaitan dengan selebriti, fandom, dan media sosial. Hasilnya, Semakin unik, semakin menarik, atau bahkan semakin kontroversial maka semakin banyak fans yang mereka dapatkan. Konten yang relatable, terlihat nyata, ternyata menjadikan para selebgram diidolakan banyak orang. Layaknya fans pada selebriti tradisional, fans selebgram juga dapat membangun suatu fanbase dan berinteraksi dengan idolanya melalui fitur komentar yang ada dalam Instagram.

Kata Kunci: Selebriti, Mikro Selebriti, Selebgram, Fans, Fandom, Instagram

Author Biography

Safira Hasna, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik

References

Alvermann, D. E., & Hagood, M. C. (2016). Fandom and critical media literacy. Journal of Adolescent and Adult Literacy, 43(5), 436–445. https://doi.org/10.2307/40017080

Jerslev, A. (2016). In the time of the microcelebrity: Celebrification and the YouTuber Zoella. International Journal of Communication, 10, 5233–5251.

Lamerichs, N. (2018). Productive Fandom. In Productive Fandom. Amsterdam University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv65svxz

Laughey, D. (2009). Media Studies Theories and Approaches. Kamera Books.

Leslie, L. Z. (2011). CELEBRITY IN THE 21ST CENTURY. ABC Clio.

Mangani, A., & Tarrini, E. (2017). Who survives a recession? Specialization against diversification in the digital publishing industry. Online Information Review, 41(1), 19–34. https://doi.org/10.1108/OIR-09-2015-0310

Marshall, P. D., & Redmond, S. (2016). A Companion To Celebrity. John Wiley & Sons, Inc.

Marwick, A. E. (2014). Status Update: Celebrity, Publicity, and Branding in the Social Media Age. Yale University Press.

Nouri, M. (2018). The Power of Influence: Traditional Celebrity vs Social Media Influencer. Advanced Writing: Pop Culture Intersections, 176(32). https://scholarcommons.scu.edu/engl_176/32

Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa#:~:text=Di Indonesia%2C jumlah pengguna Instagram,sebesar 91%2C77 juta pengguna.

We Are Social, & Hootsuite. (2021). Digital 2021 Report For Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-01