Pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Governance Bisnis Syariah terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.463Abstrak
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian dilakukan terhadap Bank umum syariah yang tercatat di Otoritas Jasa Keuangan(OJK). Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa zakat berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap reputasi perusahaan. Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi dan kinerja perusahaan, namun pengaruh Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap reputasi dan kinerja perusahaan tidak ditemukan dalam penelitian ini.Â
Abstract - This study aims to examine the effect of Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) and Good Governance Business Sharia (GGBS) on the Reputation and Performance of Sharia Commercial Banks in Indonesia. The study was conducted on Islamic commercial banks registered at the Financial Services Authority (OJK). Data analysis techniques using multiple linear regression analysis. Data obtained from annual reports of Islamic banks published on the official website of each company. The results show that zakat has a significant positive effect on company performance, but does not have a significant effect on the company's reputation. Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) has a significant positive effect on company reputation and performance, however but the effect of Good Corporate Syariah Business (GGBS) on company reputation and performance is not found in this study.
Keywords - Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Good Governance Business Sharia (GGBS), Reputation, Performance.
Referensi
Abas. 2017. Legitimasi & Politik Kebijakan Teori dan Praktik. Depok: Alta Utama
Amirah dan Teguh Budi Raharjo.2014. “Pengaruh Alokasi dana Zakat Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariahâ€. Seminar Nasional dan Call For Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS.
Arifin, Johan dan Eke Ayu Wardani.2016. “Islamic Corporate Social Responsibility disclosure , reputasi, dan kinerja keuangan: Studi pada bank syariah di Indonesiaâ€. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Semarang : BP Universitas Diponegoro Edisi 7
Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gunawan, Imam. 2017. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, A., & Suliyanto. (2013). Zakat sebagai aspek terbaru dan pengungkapan islamic social reporting terhadap kinerja keuangan: sebuah agenda penelitian. JOS Unsoed.
Othman R., Thani AM., dan Ghani EK. 2009. Determinants of Islamic Social Reporting Among Top ShariahApproved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies, issue 12.
Pramesti, Getut. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Pratiwi, Angrum. 2016. “Pengaruh Kualitas Penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2010-2015)â€. Al-Tijary Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2016, Vol. 2, No. 1, Hal. 55-76.
Rivai, Veithzal dan Basri, Ahmad Fawzi. 2004. Performance Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Sidik.Ichwan, Reskino. 2016. “Pengaruh Zakat dan ICSR terhadap Reputasi dan Kinerjaâ€. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung.
Sulistyastuti, E. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Syafei, Ade Wirman. 2013. “Analisis Pengaruh Penerapan Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap Kemampulabaan (Studi Perusahaan yang Terdaftar di JII 2011)â€. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, Vol . 2, No. 2, September 2013.
Triyuwono I., 2006. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Wardani, Eke Ayu. 2015. “Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Reputasi Perusahaan dan Kinerja Keuangan Perusahaanâ€. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia.