Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV
DOI:
https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.464Abstrak
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi khalayak mahasiswa pendatang Universitas Gajah Mada (UGM) terhadap siaran berita televisi lokal Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Penelitian menggunakan metode survey dengan penarikan sampel nonprobabilita. Variabel penelitian adalah faktor fungsional, personal dan situasional sebagai variabel independent dan persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM sebagai variabel dependent. Metode pengolahan data pada analisis bivariat menggunakan uji T dan Anova, kemudian pada analisis multivariat menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara umum faktor fungsional tidak mempengaruhi khalayak mahasiswa pendatang terhadap siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Faktor personal, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM. Sedangkan faktor situasional mempunyai nilai yang paling tinggi diantara faktor yang lain dengan memberikan kontribusi sebesar 84,9% terhadap persepsi khalayak mahasiswa pendatang pendatang terhadap Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Khalayak sebagai subjek persepsi menentukan dulu apa yang akan diperhatikannya, sehingga persepsi khalayak terhadap suatu informasi tidaklah sama. Namun, program berita Jogja TV yang berbasis budaya mampu menyajikan informasi aktual dan penting sebagai wujud pemenuhan kebutuhan khalayak mengenai informasi seputar daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Keragaman bahasa merupakan wahana variasi penyajian program berita Jogja TV untuk mengakomodir konsumennya yang beragam, termasuk bagi mahasiswa pendatang yang mayoritas masih berasal dari suku Jawa.
Abstract -Â This study aims to determine what factors influence the perception of the audience of Gajah Mada University (UGM) immigrant students of the local television news broadcast of Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. The study used a survey method with non-probability sampling. Research variables are functional, personal, and situational factors as independent variables and audience perceptions of UGM immigrant students as dependent variables. The data processing method for bivariate analysis used the T and Anova test, then the multivariate analysis used multiple linear regression analysis. The results of the study in general, the functional factors did not affect the audience of immigrants to the Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV broadcast. Personal factors have a positive and significant influence on the audience perceptions of UGM immigrant students. While the situational factor has the highest value among other factors by contributing 84.9% to the audience perception of immigrant students towards Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. The audience as the subject of perception first determines what it will pay attention to so that the audience's perception of information is not the same. However, the culture-based Jogja TV news program can provide actual and important information as a form of meeting the needs of the public regarding information about the Yogyakarta area and its surroundings. Language diversity is a vehicle for variations in the presentation of the Jogja TV news program to accommodate its diverse consumers, including for immigrant students, the majority of whom are still Javanese.
Keyword - Audience Perception, Imigrant Students, Local TV, Jogja TV
Â
Referensi
A. Abdullah and L. Puspitasari, “Media Televisi Di Era Internet,†ProTVF, vol. 2, no. 1, p. 101, 2018.
ATVLI, “Sejarah ATVLI,†ATVLI, 2020. [Online]. Available: http://atvli.or.id/.
D. Fardiah, “Peluang dan Tantangan Membangun Media Penyiaran Berbasis Kearifan Lokal di Jawa Barat,†2012, pp. 215–229.
Jogja TV, “Profil Jogja TV,†2019. [Online]. Available: https://jogjatv.tv/about-us/.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Jumlah Mahasiswa di Wilayah Yogyakarta,†PD Dikti Kemendikbud, 2019. [Online]. Available: https://pddikti.kemdikbud.go.id/.
D. Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
W. Bimo, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi, 2010.
J. Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
R. West and L. H. Turner, Introducing Communication Theory ANALYSIS AND APPLICATION, FOURTH EDI., vol. 53, no. 9. New York: McGraw-Hill, 2010.
T. Pradekso, Produksi Media, Satu. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
R. Kriyantono, Tentang cara/teknik melakukan penelitian, baca buku saya: Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai contoh riset public relations, media & komunikasi pemasaran, Enam. Jakarta: Prenada, 2012.
Morissan, Jurnalistik Televisi Mutakhir. Bandung: Prenada Media Group, 2010.
W. Kuswandi, Komunikasi massa : analisis interaktif budaya massa, 2nd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
W. Wibowo, Menuju jurnalisme beretika : peran bahasa, bisnis, dan politik di era mondial, Satu. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2009.