PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWI ANGKATAN 2019 PG PAUD FIP UNESA DALAM PEMBUATAN POWERPOINT KREATIF UNTUK ANAK

Authors

  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0001-9938-6318
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Rohmatul Maulidiya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v2i2.399

Abstract

Abstrak

Kurangnya pemahaman mahasiswi PG PAUD FIP Unesa angkatan 2019 mengenai pembuatan power point kreatif untuk anak usia dini dan keadaan saat ini terkait dengan adanya pandemiCOVID di Indonesia yang kian hari kiat meningkat menandakan masih kurangnya informasi yang di terima oleh masyarakat secara luas mengenai beragam informasi mengenai COVID. Selain itu proses kegiatan belajar mengajar merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) membuat perlu diadakannya pelatihan pembuatan PowerPoint kreatif berbasis COVID-19 kepada mahasiswi PG PAUD angkatan 2019 FIP UNESA. Tujuan lain dari pelatihan ini akan membantu untuk menyebarluaskan informasi mengenai berbagai hal mengenai covid-19 terutama mengenai apa itu covid-19, bagaimana cara mencegah, apa saja yang dapat dilakukan oleh anak ketika berada di rumah. Serta meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswi untuk membuat power point yang sesuai dengan karakteristik anak (bentuk dan ukuran huruf, gambar, transisi, efek huruf dan gambar). Pelatihan berlangsung pada tanggal 29 April 2020 hingga 6 Mei 2020 dengan daring meneggunakan aplikasi WhatsApp. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini yaitu (1) diskusi; (2) tanya jawab; dan (3) pembimbingan PowerPoint secara langsung. Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswi dalam membuat power point kreatif yang sesuai untuk anak usia dini.

Kata Kunci: PowerPoint Kreatif, Covid-19, Mahasiswi PG PAUD


Abstract

The lack of understanding of PG PAUD FIP Unesa students in 2019 regarding the creation of creative power points for young children and the current situation related to the existence of the Covid pandemic in Indonesia which is increasingly increasing tips indicates that there is still a lack of information received by the public at large about a variety of information about COVID . Also Besides, the process of teaching and learning activities refer to the Minister of Education and Culture Circular Letter No. 3 of 2020 concerning Prevention of COVID-19 in Education Units, and Number 36962 / MPK A / HK / 2020 concerning Online Learning in the Context of Preventing Corona Virus Disease (COVID-19) make it necessary to hold training on making COVID-19-based creative power points for students of PG PAUD 2019 FIP Unesa. Another purpose of this training will help to disseminate information about various things about co-19, especially about what is co-19, how to prevent, what can be done by children when at home. And improve students' understanding and ability to make power points that are appropriate to the characteristics of the child (shape and size of letters, images, transitions, letter, and picture effects). The training took place on April 29, 2020, until May 6, 2020, with online using the WhatsApp application. The methods used in this training activity are (1) Discussion; (2) question and answer; and (3) direct PowerPoint guidance. The results of this training show there is an increase in students' understanding and ability to create creative power points that are suitable for early childhood.

Keywords: Creative Power Point, COVID-19, PG PAUD Students

Author Biographies

Sri Widayati, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

Mallevi Agustin Ningrum, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

Sri Setyowati, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

Rohmatul Maulidiya, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Branch, R. M. (2009). Instructional DesignThe ADDIE Approach.New York:Springer

Hasyim, Hasanah. (2016). Teknik Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu Sosial). Jurnal Al-Taqaddum, vol.8, no.1, Universitas Islam Negeri Semarang.

Riduwan. (2013).Skala Pengukuran Variabel-variabel Pengabdian Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2003). Metode Pengabdian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles