PEMANFAATAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAMAN KANAK-KANAK DI DESA CIKIDANG, SUKABUMI

Authors

  • Rohita Rohita Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Universitas Al Azhar Indonesia.
  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v2i2.382

Abstract

Abstrak

Kemampuan mengajar merupakan salah satu indikator dari kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru, yang diantaranya dapat dilihat dari penguasaan materi, penentuan kegiatan serta pengelolaan kelas.Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam hal menyusun, menyampaikan, menentukan kegiatan main, serta mengelola tempat main. Solusi yang akan diberikan adalah dengan menggunakan teknik mind mapping, yaitu sebuah alat perencanaan untuk dapat membantu guru-guru merencanakan, menyusun, dan mengurutkan konten dari apa yang akan mereka ajarkan. Melalui mind mapping guru dapat melihat dengan jelas poin-poin apa saja yang akan disampaikan yang selanjutnya disusun menjadi materi untuk diberikan pada anak, serta kegiatan-kegiatan yang dapat diberikan sesuai dengan tema dan sub tema yang telah ditentukan. Peserta kegiatan adalah guru-guru PAUD di Desa Cikidang, Sukabumi dengan latar belakang pendidikan SMA.Metode yang digunakan adalah pengenalan mind mapping, workshop, simulasi mengajar, dan penerapan hasil mind mapping dalam kelas. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun dan menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan tema dan sub tema, menentukan kegiatan main, serta melakukan penataan lingkungan main setelah menggunakan teknik mind mapping.

Kata Kunci: Mind mapping, Kemampuan mengajar, Guru Taman kanak-kanak

Abstract

Teaching ability is one indicator of pedagogical competencies that must be possessed by teachers, which can be seen from the mastery of the material, the determination of activities, and classroom management. The purpose of this community service activity is to improve the ability to teach teachers in terms of compiling, delivering, determining play activities, and managing the playground. The solution to be provided is to use mind mapping techniques, which are a planning tool to help teachers plan, arrange, and sort the content of what they will teach. Through mind mapping, the teacher can see clearly what points will be delivered which are then arranged into a material to be given to children, as well as activities that can be given by following per under the themes and sub-themes that have been determined. Participants in the activity were PAUD teachers in Cikidang Village, Sukabumi with a high school education background. The method used is the introduction of mind mapping, workshops, teaching simulations, and the application of mind mapping results in the classroom. The results of community service activities show that there is an increase in the ability of teachers to compile and deliver learning material by following per under themes and sub-themes, determine play activities, and arrange the playing environment after using mind mapping techniques.

Keyword: Mind mapping, Teaching-ability, Kindergarten teacher

Author Biographies

Rohita Rohita, Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Universitas Al Azhar Indonesia.

Shoolar: https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&user=7rJFsREAAAAJ

Nila Fitria, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

References

Al-Khataibeh, A. (2008). Teaching Arabic for All. Riyadh, Arab: Al-Maseerah.

Birbili, M. (2006). Maping Knowledge: Concept Maps in Early childhood Education. Journal Early Childhood Research & Practice , Vol 8, No 2.

Birbili, M. (2006). Maping Knowledge: Concept Maps in Early Childhood Education. journal Early Childhood Research & Practice , 8 (2).

Bozan, A. (2007). Mind Maps. New York, America: Oxford Press.

Daghistan, B. I. (2016). Mind Maps to Modify Lack of Attention. among Saudi Kindergarten Children. International Education Studies , 245-256, Vol 9 No 4.

Fajriah, H., Fitriani, D., & Nurainun. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Area Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan anak Bunayya , Vol. 5, No. 1.

Keles, O. (2012). Elementary Teachers View on Mind Mapping. International Journal of Education , Vol 4, No 1.

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mitchell, E., & Smith, S. (2009). Instructional Design & Educational Technology Tips. Free Mind Mapping Software. Wake Forest University.

Mulusi, & Wardianto, M. (2013). Perbedaan Kemandirian Anak Antara Model Pembelajaran Berbasis Area Dengan Model Berbasis Area Dengan Model Berbasis Klasikal Di Usa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikologi , 56-61.

Okudo, A. R., & Omotuyole, C. (2014). Enhanced Learning Enviroment And Its Implications On The Pre-School Children's Language Performance . European Scientific Journal , Vol 10, No. 7.

Pua, C., Li, D., Lui, C., & Cheng, S. (t.thn.). Using Ming Mapping as a Tool to Teach English Vocabulary for the Elementary students . Diambil kembali dari https://www.edb.org.hk/HKTC/download/eras/12-13/ERAS1213_R04.pdf

Rohita. (2019). Mind Mapping: A Helping Tool For Making Learning Plans Kindergarten . International Society for Engineers and Research.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Willis, C. L., & Miertschin, S. L. (2006). Mind maps as active learning tools. Journal of Computing Sciences in Colleges , Vol. 21, No. 4.

Willis, C., & Miertschin, S. (2006). Mind Maps as Active Learning. Journal of Computing Sciences in Colleges , 21 (4).

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles