Peningkatan Kapasitas Sekolah Berbasis Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran Komunikasi Orangtua Murid di Jakarta

Penulis

  • Rohita Rohita universitas al azhar indonesia
  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia
  • Tri Budianingsih Universitas Al Azhar Indonesia
  • Dody Haryadi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Lusi Lian Universitas Al Azhar Indonesia
  • Zaqiatul Mardiah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Yoedo Shambodo Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.1004

Abstrak

Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat adalah dua wilayah di DKI Jakarta yang telah bekerjasama dengan Universitas al Azhar Indonesia dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada program Sharing for Indonesia (S4I). Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu sudin pendidikan di kedua wilayah tersebut dalam peningkatan kapasitas sekolah akan pengetahuan dan keterampilan yang perlu dimiliki guru-guru baik di level TK, SD, SMP, hingga SMA/ SMK. Adanya pandemic 19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 memberi dampak cukup besar terutama pada aspek pendidikan, dimana guru harus dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan membelajarkan anak didiknya dengan memanfaatkan teknologi dalam model pembelajaran jarak jauh (PJJ), baik secara dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Peningkatan pengetahuan juga diperlukan bagi orangtua agar dapat mendampingi anak-anaknya selama belajar di rumah sekaligus dapat bertahan di masa sulit akibat Covid 19. Solusi yang akan diberikan adalah dengan meningkatkan kapasitas sekolah melalui pemanfaatan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran Komunikasi Orangtua Murid (SIPPKOM). SIPPKOM diberikan dengan mengunakan metode sosialisasi, pelatihan, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kepala sekolah, guru, serta orangtua dari level pendidikan anak usia dini, yaitu TK, SD, SMP, serta SMA dan SMK di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Kehadiran peserta tersebut dilakukan bekerjasama dengan mitra suku dinas pendidikan dari kedua wilayah tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan adanya kepuasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta setelah mengikuti kegiatan dan memanfaatkan SIPPKOM pada fitur layanan konsultasi dan kegiatan S4I. Simpulan dari kegiatan ini adalah SIPPKOM dapat meningkatkan kapasitas sekolah di masa pandemik, untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru di sekolah tersebut.

Kata kunci: Kapasitas sekolah, SIPPKOM, sharing for Indonesia, layanan konsultasi

Biografi Penulis

Rohita Rohita, universitas al azhar indonesia

Progam study PG PAUD, fakultas Psikologi dan pendidikan

Nila Fitria, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study PG PAUD, fakultas Psikologi dan pendidikan

Tri Budianingsih, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study Bahasa dan kebudayaan Tiongkook

Dody Haryadi, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study Informatika fakultas Sains dan teknlogi

Lusi Lian, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study Bahasa dan Kebudayaan Inggris, Fakultas Ilmu pengetahuan dan budaya

Zaqiatul Mardiah, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas Ilmu pengetahuan dan budaya

Yoedo Shambodo, Universitas Al Azhar Indonesia

Progam study Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu politik

Referensi

Abdurohman, M., Kuspriyanto, Sutikno, S., & Sasongko, A. (2010). PerancanganAturanTransformasiUml-SystemcDalamPerancangan Embedded System. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informasi, 3(2), 91-97. Https://Doi.Org/10.21609/Jiki.V3i2

Kustiyahningsih, Y., Rosa, D. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis WEB Menggunakan PHP dan Mysql, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles