Pemanfaatan Mobile-Kesehatan Ibu Anak untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Penulis

  • Putri Aulia Diani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Putri Wimbi Diani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Dewi Asnawiyah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v4i3.1305

Abstrak

Suku Dinas Pendidikan Wilayah I yang menaungi 4 kecamatan di daerah Jakarta Pusat, telah melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan kepada para guru dan orang tua pada 4 kecamatan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa sejak pandemi covid-19 pemantauan tumbuh kembang anak sulit untuk dilakukan karena pembelajaran dialkukan secara online. Guru hanya memberitahu kepada orang tua untuk memberikan makanan yang sehat kepada anak. Mobile Kesehatan Ibu Anak (m-KIA) merupakan salah satu solusianya karena adalah Aplikasi Mobile yang merupakan transformasi pengembangan teknologi digital pada Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA). Kegiatan dilakukan secara online dan offline selama 3 hari pada bulan Desember 2021, dalam bentuk seminar, pelatihan, pendampingan dan diskusi. Hasil dari rangkaian kegiatan tersebut menunjukkan bahwa melalui m-KIA para guru dapat melakukan pemantauan tumbuh kembang anak dengan mudah.

Kata kunci: Tumbuh kembang, deteksi dini, M-KIA

Biografi Penulis

Putri Aulia Diani, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Putri Wimbi Diani, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Dewi Asnawiyah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Nila Fitria, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Rohita Rohita, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Referensi

Islamiyah, Awad, F. B., & Anhusadar, L. de. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB) : Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Zawitah : Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38–55.

Kesehatan, K. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak.

Lulianthy, E., Setyonugroho, W., Mawarti, R., & Permana, I. (2020). Pemanfaatan Buku KIA Untuk PemantauanTumbuh Kembang Anak. Proceeding Book Health National Conference :Stunting Dan 8000 Hari Pertama Kehidupan", 6–11.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Revika, E., Fitriana, Y., & Andriyani, A. (2019). Pemantauan Kemampuan Anak Dalam Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal Dengan Deteksi Tumbuh Kembang Pada Anak Usia 2-5 Tahun di TK Ulil. 1(1), 6–12.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved from https://gizi.kemkes.go.id/katalog/buku-kia.pdf.

Diterbitkan

2022-11-18

Terbitan

Bagian

Articles