Lokakarya Desain Latihan Tata Bahasa, Keterampilan Berbicara, Membaca Bahasa Mandarin Guru SMA

Penulis

  • Ayu Trihardini Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Andriani Universitas Negeri Jakarta
  • Edwin Kurnia Reswara Universitas Negeri Jakarta
  • Ariella Aviani Universitas Negeri Jakarta
  • Amanda Apriliani Putri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1897

Abstrak

Tingginya kebutuhan penguasaan bahasa Mandarin tidak bekesesuaian dengan terbatasnya jumlah Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) yang mencetak guru bahasa Mandarin di Indonesia. Sehingga jumlah guru bahasa Mandarin yang memiliki latar belakang pendidikan keguruan juga masih terbatas. PSPBM UNJ sebagai bagian dari LPTK bermaksud mengadakan lokakarya bagi guru-guru SMA sederajat. Lokakarya ini berbasis penelitian yang memayungi skripsi mahasiswa yaitu mengenai bentuk-bentuk latihan keterampilan bahasa Mandarin. Lokakarya diadakan secara daring menggunakan zoom meeting, diawali dengan penyajian materi dan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan bentuk soal latihan melalui diskusi. Lokakarya tahun 2022 merupakan tahap I, adalah lokakarya mengenai bentuk latihan keterampilan berbicara, membaca dan tata bahasa Mandarin. Untuk memastikan agar rencana P2M tepat sasaran, tim pengusul bermitrakan Ikatan Guru Bahasa Mandarin Indonesia (IGUMI). Sebanyak 28 guru SMA sederajat dilibatkan. Setelah mengikuti lokakarya (1) peserta mengetahui pentingnya mendesain bentuk soal latihan sesuai tujuan pembelajaran/kompetensi, (2) peserta dapat mendesain bentuk soal latihan mengacu pada masing-masing keterampilan yang ingin dilatihkan, (3) peserta menunjukkan respons positif terhadap kegiatan lokakarya. Dengan adanya sinergi antara PSPBM sebagai pencetak guru dan IGUMI sebagai wadah guru bahasa Mandarin, maka diharapkan lokakarya ini dapat membina hubungan baik antara PSPBM UNJ dengan guru-guru bahasa Mandarin sehingga bersinergi meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Mandarin Indonesia.

Kata kunci: Desain latihan, tata bahasa, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, guru mata pelajaran bahasa Mandarin SMA,

Biografi Penulis

Ayu Trihardini, Universitas Negeri Jakarta

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni

Susi Andriani, Universitas Negeri Jakarta

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni

Edwin Kurnia Reswara, Universitas Negeri Jakarta

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni

Ariella Aviani, Universitas Negeri Jakarta

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni

Amanda Apriliani Putri, Universitas Negeri Jakarta

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni

Referensi

Agus, M. (2016). Metodologi Pembelajaran dalam Student Centered Learning. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Haryono, I. C. (2008, April 10). Hanyu Shuiping Kaoshi. Kompas.

Qu, W. (2017). Fazhan Hanyu Chuji Zonghe 1 Yufa Lianxi Sheji Yanjiu. Jilin Daxue.

Sutami, H. (2007). Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2), 222–237.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trihardini, A. (2017). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ. In A. Ridho, Irsyad; Ismail, Subur; Supriyana (Ed.), Monograf II: Refleksi Standar Pembelajaran di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni.

Zhang, H. (2006). Hanyu Keyi Zheyang Jiao. Beijing: Shangwu Yinshuguan.

Diterbitkan

2023-05-04

Terbitan

Bagian

Articles