Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489Abstrak
Seorang guru pada satuan pendidikan memiiki kewajiban menulis dan menyusun Rencana Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan lengkap dan berurutan demi terciptanya pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan tidak membosankan serta memberi tantangan yang baru untuk peserta didik. Di samping itu hal tersebut juga untuk mensuport peserta didik supaya aktif dan berpartisipasi, sera dapat memberikan kesempatan terhadap peserta didik untuk berinisiatif, dalam berdaya cipta, secara independensi yang dimiliki dalam diri peserta didik terkati minat, bakat dan perkembangan fisik serta psikologisnya. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun dan menulis rencana pelaksanaan pembelajaran dan bahan ajar dalam peningkatan kualitaas pembelajaran dimasa pandemi. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah secara daring via zoom dengan diskusi dan Tanya jawab serta latihan dan penugasan untuk menyusun RPP dan Bahan Ajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa antusiasme guru tinggi, setelah mengikuti pelatihan ini 100 % semua guru ingin dapat menulis dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk daring dan bahan ajar, 75 % sebagian guru juga menginginkan peningkatan dalam produktivitas kerja, sebanyak 58,3 % berharap adanya diskusi sesame guru yang ikut dalam pelatihan ini dan untuk dapat meningkatkan pelayanan pada siswa sebanyak 83.3%.
Kata kunci: Rencana Pelaksanan Pembelajaran, Bahan Ajar, Kualitas Pembelajaran
Referensi
Basyiruddin, U. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas (2004). Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2005). UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Handayan, H. R, (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (In House Training), Jurnal Ide guru, Vol. 4, No.1
Humas UNY. Workshop Daring Model Pembelajaran Masa Pandemi Covid – 19. 20 Juni 2020. https://www.uny.ac.id/berita/workshop-daring-model-pembelajaran-masa-pandemi-covid-19. [di Akses 3 November 2020].
Indasari, S. R., Wijaya, A. W. A., Layuk, M., Sambo, M. S., dan Indrawati, M. (2020). Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19, Tangerang Selatan: WVI
Kemdikbud. Suka duka dalam Proses Pembelajaran Melalui Metode Daring/Luring pada Masa Pandemi Covid-19. https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/ kegiatan-ekonomi-masyarakat-pada-masa-pandemi-covid-19/, [di Akses 3 November 2020]
Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. https://covid19.go.id. [di Akses 3 November 2020]
Maharani, I., Fridani, L., dan Akbar, Z. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 6 No. 2
Publicemergency. WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard. 12 September 2020.https://covid19.who.int, [di Akses 3 November 2020]
Rangkuti, N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi Melalui Workshop Penyusunan RPP Di SD Negeri 200212 Padangmatinggi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 6 No 3
Sulastri. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran Kepada Para Guru. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences. Vol. 1 No. 1
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.
Yanuarti, E. (2017). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru (Penyusunan Rpp) Melalui Supervisi Akademik, Tajdidukasi, Volume VII, No. 1 Januari.