Pelatihan Peningkatan Strategi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Penulis

  • Nila Fitria Universitas Al Azhar Indonesia
  • Fidesrinur Fidesrinur Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.501

Abstrak

TK Toledo sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat merupakan Lembaga Pendidikan yang terletak di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Lembaga Pendidikan ini menyelenggarakan layanan Pendidikan bagi anak usia dini dalam rentang usia 3-6 tahun. Kegiatan belajar mengajar sudah dilakukan oleh guru tetapi pembelajaran yang belum berbasis kurikulum 2013, sehingga tidak dapat diketahui ketercapaian atau ketidaktercapaian dari sebuah kegaiatan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar. Solusi yang akan diberikan kepada guru melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai dari LP2M UAI pada program competitive public service grant. Adapun bentuk solusi yang akan diberikan adalah pelatihan dan workshop. Pelatihan yang diberikan kepada guru dalam materi pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan salah satu startegi pembelajaran yang harus dilakukan pada kurikulum 2013 PAUD. Kemudian workshop perangkat pembelajaran, dimana guru-guru menyusun dan merancang rencana kegiatan mingguan dan harian berbasis kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Tahap akhir dari kegiatan ini adalah pendampingan dalam mempraktekkan strategi pembelajaran PAUD berbasis kurikulum 2013. Hasil dari kegiatan ini menujukan adanya peningkatan strategi pembelajaran pada guru di TK Islam Toledo sebesar 69% yang memiliki kategori “Baikâ€. Kesimpulannya adalah kegiatan pelatihan pendektan saintifik dan workshop tentang perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan strategi pembelajaran yang dimiliki guru.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru, Kurikulum 2013

Biografi Penulis

Nila Fitria, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi PG PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Fidesrinur Fidesrinur, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi PG PAUD, Fakultas Psikologi dan Pendidikan

Referensi

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Nomor. 146 tahun 2014. Jakarta.

Nata. Abuddin. (2009). Perspektif Islam dalam Strategi Pembelajaran. Kencana, Jakarta.

Sumar. Tune Warni dan Razak, Intan Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Deepublish, Yogyakarta.

Diterbitkan

2021-01-18

Terbitan

Bagian

Articles