Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif

Penulis

  • Nanda Lailatul Qadriani Universitas Al Azhar Indonesia
  • Sri Hartati Universitas Al Azhar Indonesia
  • Anitasa Dewi Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan transformasi pembelajaran luring menjadi daring menuntut pendidik untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Berbagai aplikasi dan media online menjadi semakin populer untuk dijadikan media pembelajaran, diantaranya adalah Youtube dan Edpuzzle yang dapat dijadikan platform penunjang pembelajaran dengan media video yang interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan abdimas ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan Youtube dan Edpuzzle agar dapat menjadi referensi media pembelajaran di kelas daring. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMA/Sederajat Wilayah Sudin I dan II Jakarta Pusat dan guru-guru MGMP Bahasa Mandarin di Jabodetabek. Pelaksanaan abdimas ini menggunakan metode ceramah untuk penyampaian materi dan praktik langsung perancangan video pembelajaran dengan Edpuzzle. Hasil dari kegiatan abdimas ini adalah guru-guru dapat membuat video pembelajaran Edpuzzle, mereka merasa pelatihan ini sangat bermanfaat dan akan menerapkannya dalam pembelajaran mata pelajaran yang mereka ampu

Kata kunci: Youtube, Edpuzzle, Media pembelajaran daring, Video interaktif

Biografi Penulis

Nanda Lailatul Qadriani, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Sri Hartati, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Anitasa Dewi, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Referensi

Iskandarwassid. Suhendar, Dadang. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa (p.9), Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, R. T. (2020). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91-94.

裴洋. (2013). è¿œç¨‹ç½‘ç»œæŠ€æœ¯åœ¨å¯¹å¤–æ±‰è¯­æ•™å­¦ä¸­çš„åº”ç”¨ç ”ç©¶. å‰æž—大学, 长春.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (p.186). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan WhatsApp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 67-72.

è‹å¨Ÿ. (2020). 海外远程汉字教学模å¼åˆ†æž. 现代交际. vol 21.p 174-176.

Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2021, February). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Website Edpuzzle: edpuzzle.com

Website Youtube: youtube.com

Yohanes Enggar Harususilo. Webinar Gratis Guru: Belajar Online Menyenangkan dengan EdPuzzle diakses dari Kompas.com (https://edukasi.kompas.com/read/2020/05/01/103352971/webinar-gratis-guru-belajar-online-menyenangkan-dengan-edpuzzle?page=all).

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles