Kegiatan Social Empowerment Mahasiswa Beasiswa dengan Pembekalan Mengenai Microsoft Office Untuk Eksplorasi Diri di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra

Authors

  • Rifa Lulu Salsabila Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Ahmad Fadillah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Caesha Salsabila Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Amalia Nur Hasanah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Iin Suryaningsih Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Cut Riska Arista Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Fabiola Yolanda Elizabeth Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Maulizidya Zahra Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Nurwinda Wahyuningsih Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Rendyca Syahrul Mukkarom Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Saufa Tahsunien Udjma Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Uut Fita Rahayu Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1505

Abstract

Pada era industri 4.0 semua hal di dunia ini menggunakan alat-alat digital. Microsoft office adalah salah satu alat digital yang dengannya orang tidak perlu menulis menggunakan pulpen maupun pensil untuk membuat sebuah surat atau ringkasan, dan Microsoft office pada era industri 4.0 ini juga digunakan untuk kegiatan belajar oleh siswa maupun mahasiswa. Oleh karena itu, kami selaku Mahasiswa Beasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia melakukan program Social Empowerment dengan pembekalan mengenai Microsoft office, tepatnya power point dan excel, yang dilaksanakan di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra. Kegiatan ini memiliki berbagai rangkaian acara yang mampu membuat anak-anak di Panti Asuhan memiliki wawasan yang lebih luas mengenai Power Point dan Excel. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Dengan berbagi ilmu, kami sangat berharap memberikan manfaat kepada anak-anak di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa anak-anak di Panti Asuhan Siti Khadijah Al Kubra memiliki antusiasme belajar yang sangat tinggi, tetapi mereka memiliki keterbatasan biaya untuk fasilitas seperti komputer ataupun laptop. Namun, segala keterbatasan tersebut tidak membuat anak-anak menjadi putus semangat.

Kata Kunci: Industri 4.0, Microsoft office, Social empowerment

Author Biographies

Rifa Lulu Salsabila, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi

Ahmad Fadillah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi

Caesha Salsabila, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi

 

 

Amalia Nur Hasanah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas iImu Pengetahuan dan Budaya

Iin Suryaningsih, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas iImu Pengetahuan dan Budaya

Cut Riska Arista, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bioteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi

Fabiola Yolanda Elizabeth, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi PG Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas

Maulizidya Zahra, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Nurwinda Wahyuningsih, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Rendyca Syahrul Mukkarom, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Saufa Tahsunien Udjma, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Infromatika, Fakultas Sains dan Teknologi

Uut Fita Rahayu, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point pada sistem Koordinat Kartesius. Journal of Islamic Civilization and Thought, 16(1).

Chen, Y.-T. (2012). Integrating anchored instructional strategy and modularity concept into Interactive multimedia PowerPoint presentation. International Journal of Physical Sciences, 7(1), 107-115.

Dede Misbahudin, C. R. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48.

Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Putri Sukma Dewi, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Downloads

Published

2022-12-30