Pendampingan Motivasi “Studi Lanjut” Oleh Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Minat Siswa Sekolah Binar

Authors

  • Ryan Dion Fajduani Baedlawi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Iin Suryaningsih Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1612

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 sangat besar terhadap masa depan manusia, baik dari segi ekonomi, pengetahuan maupun pekerjaan yang mengakibatkan banyak pekerja diberhentikan secara terpaksa. Dampak yang dihasilkan juga termasuk kepada mahasiswa dan siswa terkait dengan pembelajaran yang kurang efektif (Luring) sehingga kurangnya motivasi dalam belajar. Terutama kepada para siswa Sekolah Binar yang saat ini masih belum mengetahui apa yang akan dilakukan kedepannya. Dengan demikian, kita termotivasi untuk membuat kegiatan sharing session. Sharing session adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan, baik itu berbagi pengalaman, pengetahuan maupun motivasi belajar. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan Sharing Session ini diharapkan dapat membantu para siswa untuk berfikir lebih terhadap karir kedepannya, walaupun dengan adanya keterbatasan ekonomi. Kegiatan ini meliputi pembuatan dan mempresentasikan dream planning siswa, serta memberikan sharing session antara panitia dengan para siswa. Diharapkan melalui kegiatan ini akan tercapai sejumlah tujuan, yaitu menanamkan pemahaman mengenai pentingnya pendidikan perguruan tinggi ke masyarakat pada umumnya, khususnya anak muda. 

Kata kunci: Sharing Session, Motivasi, Sekolah Binar, Karir.

Author Biographies

Ryan Dion Fajduani Baedlawi, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Iin Suryaningsih, Universitas Al Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

References

Al Izzati, R. (2021). Berapa % peluang anak dari rumah tangga miskin untuk melanjutkan kuliah. The SMERU Research Institute’s Post. https://www.linkedin.com/posts/smeru-research-institute_20tahunsmeru-kemiskinan-pendidikan-activity-6817325087797194752-Z6FO

Badlishah, S., & Abdul Majid, A. H. (2015). Collaborative Learning via Sharing Session towards Achieving Training Effectiveness in Negotiation Education. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 1(2), 61-68. https://doi.org/10.26710/jbsee.v1i2.8

Khatimah, N. K., Umar, U. H., Sari, F. D., Mohtaroom, M. A., Ramadhani, M., & Nurhalisah, N. Peran Sharing Session Terhadap Peningkatan Motivasi Meraih Beasiswa pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 13 Makassar. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2), 193-197.

Kusnandar, V. B. (2021, November 20). Hanya 0,02% Penduduk Indonesia Berpendidikan Hingga S3 pada Juni 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/20/hanya-002-penduduk-indonesia-berpendidikan-hingga-s3-pada-juni-2021

Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176 - 180. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.556

Rubiyanti, Y., Elsari Novianti, L., & Supyandi, D. (2012). Pelatihan Motivasi Berprestasi Dan Orientasi Masa Depan Remaja Jatinangor. Sosiohumaniora, 14(1), 1. doi:http://dx.doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v14i1.5474

Sari, F. (2021). Sharing Session With Scholarship Awardee Untuk Mempersiapkan Mahasiswa Melanjutkan Studi. Abdikarya: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 121 - 131. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1553

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta, Rineka Cipta.

Soufyanto, M. D. (2021). Perilaku Berbagi Pengetahuan: Pengaruh Motivasi, Sikap, Niat, dan Gender (Master Thesis, Universitas Gadjah Mada). https://ets.repository.ugm.ac.id/. Diakses pada 13 November 2022.

Downloads

Published

2022-12-30