Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis ICT Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire bagi Guru-Guru SMA Negeri 1 Wangon
DOI:
https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1416Abstrak
Beberapa Persoalan dari kolega yaitu1) kemampuan tenaga pengajar atau guru masih rendah dalam menggunakan teknologi 2) belum adanya pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi. Â Tenaga pengajar belum memiliki kualifikasi untuk melakukan pelatihan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar interaktif berbasis ICT menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini ialah metode workshop dilengkapi Pre-test dan Post-test. Mitra pengabdian ini yaitu guru-guru SMA Negeri 1 Wangon dengan jumlah 50 guru. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan yang signifikan, dapat disimpulkan bahwa ada kenaikan sejumlah 70% dalam pemahaman penggunaan bahan ajar interaktif berbasis ICT menggunakan lectora inspire setelah diberikan pelatihan dan pendampingan.
Kata kunci: Bahan Ajar Interaktif, ICT, Lectora Inspire, Guru SMA.
Referensi
Alwi, N. A., Thahar, H. E., Atmazaki, A., & Asri, Y. (2019). Developing Students’ Soft Skill through Children Literature. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018) (pp. 477 - 482). Atlantis Press.
Azizah, A. (2020). Online Learning Training During The COVID-19 Pandemic For Teachers Sd Negeri 3 Malay Muara Teweh. 1(2), 78–83.
Darmansyah. (2020). Inovasi Dan Peran Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Padang: Universitas Negeri Padang.
Effendy, I., & Hamid, M. A. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 81 - 88.
Ghidersa, B.-E., Gonfiotti, B., Kunze, A., Marcello, V. D., Ionescu-Bujor, M., Jin, X. Z., & Stieglitz, R. (2021). Experimental Investigation of a Helium-Cooled Breeding Blanket First Wall under LOFA Conditions and Pre-Test and Post-Test Numerical Analysis. Applied Sciences (, 11(24).
Pongkendek, J. J., Nurvitasari, E., & Kristyasari, M. L. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Online Kepada Guru Sma. jurnal Masyarakat Mandiri, 6(3), 1897-1908. doi:10.31764/jmm.v6i3.7884
Prakoso, B. A. (2020). Penerapan Kurikulum Tematik (Studi Kasus Di MI Salafiyah Gombong Desa Warungpring Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun 2019/2020) Barep Aji Prakoso 1. Retrieved from https://docplayer.info/214508602-Penerapan-kurikulum-tematik-studi-kasus-di-mi-salafiyah-gombong-desa-warungpring-kecamatan-warungpring-kabupaten-pemalang-tahun-2019-2020.html
Rahmayuni, E., Murtiani, Putra, A., & Darvina, Y. (2019). Efektifitas bahan ajar interaktif bermuatan nilai karakter dalam pendekatan saintifik terhadap pencapaian kompetensi peserta didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 12(3), 385 - 392.
RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Permendikbud.
Rohita, & Nurfadilah. (2022). Pembuatan Games Edukatif Berbasis Power Point Untuk Mendukung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(3), 90 - 96. doi: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.916
Susilana, Rudi, & Riyana, C. ( 2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Zen, Z. (2018). Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi : Menuju Pendidikan Masa Depan. e-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–12.