Meningkatkan Pengetahuan dan Kreativitas Anak-anak Panti Yatim Dhu’afa Mizan Amanah dengan Basic Learning

Penulis

  • Ghunyatullaami’ah Ghunyatullaami’ah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Afranissa Firdausiyah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Ahmad Raafi Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Alhafizh Ramadhan Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Dautama Ryzza Putra Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Nadya Rinaldy Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Ridho Octavia Pernando Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Syafira Ihsani Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Budi Aribowo Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1634

Abstrak

Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan karena dapat meningkatkan prestasi akademik. Panti Yatim Dhu’afa Mizan Amanah memiliki kegiatan belajar-mengajar nonformal yang kekurangan tenaga pengajar. Berdasarkan hal itu dibutuhkan kegiatan sosial guna menunjang pengetahuan dan kreativitas anak-anak di Panti Mizan Amanah tersebut. Kegiatan sosial ini juga merupakan salah satu rangka kegiatan yang berpedoman pada tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berisikan Basic Learning, yang meliputi belajar Bahasa Arab dasar, kreasi origami, mewarnai sesuai cita-cita, dan kegiatan membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan ini kami nilai secara objektif dan langsung, sehingga capaian dari kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan.

Kata kunci: basic learning, kreativitas, pengetahuan, tri dharma perguruan tinggi

Biografi Penulis

Ghunyatullaami’ah Ghunyatullaami’ah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi

Afranissa Firdausiyah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Ahmad Raafi, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Ilmu hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Alhafizh Ramadhan, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Ilmu Komunikasi, Fakuktas Ilmu Sosial dann Ilmu Politik

Dautama Ryzza Putra, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Nadya Rinaldy, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Ridho Octavia Pernando, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Syafira Ihsani, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi

Budi Aribowo, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi

Referensi

Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat , 1(1), 79 - 91. doi:https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v1i1.384

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. doi:https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Liu, L., Liu, Y.-P., Wang, J., An, L.-W., & Jiao, J.-M. ( 2016). Use of a knowledge-attitude-behaviour education programme for Chinese adults undergoing maintenance haemodialysis: Randomized controlled trial. Int Med Res, 44(3), 557-68. doi:10.1177/0300060515604980

Pasi, I. R. ( 2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Pada Bank Syariah. jurnal AL-QASD Islamic Economic Alternative, 1 (2), 189. doi:http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.2.2017.189-201

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles