Meningkatkan Pengetahuan dan Kreativitas Anak-anak Panti Yatim Dhu’afa Mizan Amanah dengan Basic Learning
DOI:
https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1634Abstrak
Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan karena dapat meningkatkan prestasi akademik. Panti Yatim Dhu’afa Mizan Amanah memiliki kegiatan belajar-mengajar nonformal yang kekurangan tenaga pengajar. Berdasarkan hal itu dibutuhkan kegiatan sosial guna menunjang pengetahuan dan kreativitas anak-anak di Panti Mizan Amanah tersebut. Kegiatan sosial ini juga merupakan salah satu rangka kegiatan yang berpedoman pada tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berisikan Basic Learning, yang meliputi belajar Bahasa Arab dasar, kreasi origami, mewarnai sesuai cita-cita, dan kegiatan membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan ini kami nilai secara objektif dan langsung, sehingga capaian dari kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: basic learning, kreativitas, pengetahuan, tri dharma perguruan tinggi
Referensi
Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat , 1(1), 79 - 91. doi:https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v1i1.384
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193-200. doi:https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Liu, L., Liu, Y.-P., Wang, J., An, L.-W., & Jiao, J.-M. ( 2016). Use of a knowledge-attitude-behaviour education programme for Chinese adults undergoing maintenance haemodialysis: Randomized controlled trial. Int Med Res, 44(3), 557-68. doi:10.1177/0300060515604980
Pasi, I. R. ( 2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Pada Bank Syariah. jurnal AL-QASD Islamic Economic Alternative, 1 (2), 189. doi:http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.1.2.2017.189-201