Penyuluhan Bisnis Kuliner Khas Tiongkok Sebagai Usaha Mandiri Yayasan Panti Asuhan Al-Mubarokah

Penulis

  • Anitasa Dewi Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Sandra Herlina Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Arghya Ifada Acromita Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Gieniung Pratidina Barazaki Universitas Al-Azhar Indonesia http://orcid.org/0000-0002-9611-4891

DOI:

https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1641

Abstrak

Pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak hal, salah satunya krisis ekonomi. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi banyak pihak, seperti yayasan sosial. Dan salah satunya adalah Yayasan Panti Asuhan Al Mubarokah. Dampak yang dialami Panti Asuhan Al Mubarokah adalah berkurangnya jumlah donatur dan minimnya pemasukan yayasan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat usaha kuliner Tiongkok yang akan dilakukan oleh ibu-ibu pengurus Panti Asuhan Al Mubarokah. Namun, sebagian besar dari ibu-ibu tersebut tidak mengenal masakan khas Tiongkok yang dapat digemari oleh masyarakat yang bahan-bahan olahannya, bumbunya dan cara memasaknya dibuat secara halal. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini dibuat untuk membantu ibu-ibu Panti Asuhan Al-Mubarokah melalui penyuluhan membuat usaha dan bisnis kuliner Tiongkok. Sehingga, ibu-ibu Panti Asuhan Al-Mubarokah dapat membuat usaha kuliner Tiongkok dan yayasan mendapatkan solusi untuk pemasukan kas panti asuhan selama COVID-19 dengan membuat usaha kuliner Tiongkok.

Kata Kunci:  COVID-19, Panti Asuhan Al-Mubarokah, Usaha kuliner Tiongkok

Biografi Penulis

Anitasa Dewi, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Sandra Herlina, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dna Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Arghya Ifada Acromita, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Gieniung Pratidina Barazaki, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok, Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Referensi

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159 - 168. doi:https://doi.org/10.36706/jsi.v2i1.718

Nitisusatro, M. (2010). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil . Bandung: Alfabeta.

Su-Huei, H., Mu-Chun, L., & Simonds, N. (1972). Chinese Cuisine Wei-Chuan Cooking Book. Chinese: Wei-Chuan Publishing -; Stained edition.

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles