Pemanfaatan Animasi Digital sebagai Media Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Usia Dini di TK Islam Qolbus Salim

Penulis

  • Lusi Anindia Rahmawati Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Amalina Ratih Puspa Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Elma Alfiah Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Zakia Umami Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Siti Muslimah Sulaeman Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Diamarella Rizkiyah Universitas Al-Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1769

Abstrak

Usia prasekolah merupakan periode vital dalam perkembangan perilaku seseorang. Kebiasaan dan preferensi makan anak akan terbentuk pada usia prasekolah. Kebiasaan makan pada anak juga dapat dipengaruhi oleh pengetahuan gizi yang mereka miliki. TK Islam Qolbus Salim merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan formal untuk anak-anak usia 3-6 tahun. . TK Islam Qolbus Salim selama ini memiliki program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dilaksanakan sebulan sekali. Banyak permasalahan dialami selama program ini berjalan, salah satunya anak-anak yang cenderung picky eater pada saat PMT. Kebiasaan makan pada anak, salah satunya picky eater ini dapat dipengaruhi oleh pengetahuan gizi yang mereka miliki. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalah tersebut adalah berupa edukasi gizi pada anak dengan media animasi digital untuk meningkatkan pengetahuan gizi anak. Total peserta yang bergabung dalam kegiatan edukasi gizi berjumlah 20 anak. Edukasi gizi dengan media animasi digital yang dilakukan mampu meningkatkan skor rata-rata pengetahuan gizi anak sebesar 13.2%. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan gizi sebelum dan sesudah edukasi gizi (p<0.05). Edukasi gizi yang telah diberikan ini diharapkan tidak hanya sekedar meningkatkan pengetahuan gizi anak, namun juga dapat mengubah perilaku makan anak yang sebelumnya memiliki kebiasaan picky eater menjadi lebih baik dengan adanya dukungan dari berbagai pihak.

Kata Kunci: Animasi Digital, Pendidikan Gizi, Pra-Sekolah

Biografi Penulis

Lusi Anindia Rahmawati, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Amalina Ratih Puspa, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Elma Alfiah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Zakia Umami, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Siti Muslimah Sulaeman, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Diamarella Rizkiyah, Universitas Al-Azhar Indonesia

Program studi Gizi, Fakultas Sains dan Teknologi

Referensi

Adawiyah, E. R., Kurniati, E., & Romadona, N. F. (2017). Efektivitas Pendidikan Gizi Melalui Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Anak Usia Dini. Edu Sentris, 4(1).

Arif, N., Mansur, A. R., & Kep, M. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia PraSekolah. Padang: Andalas University Press.

Bestari, G. S., & Pramono, A. (2014). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perubahan Konsumsi Buah Dan Sayur Anak Di Paud Cemara, Semarang. Journal of Nutrition Collage, 3(4), 918 - 924.

Demirozu, B. E., Pehlivan, A., & Camliguney, A. F. (2012). Nutrition knowledge and behaviours of children aged 8-12 who. Procedia Socialand Behavioral Sciences, 4713 - 4717.

Khomsan, A., Anwar, F., & Mudjajanto, E. S. (2009). Pengetahuan; Sikap dan Praktek Gizi Ibu Peserta Posyandu. Jurnal Gizi dan Pangan, 4(1 1 ), 33 - 41.

Permanasari, Y., Luciasari, E., & Aditianti. (2013). Pengembangan Media Edukasi Gizi melalui Buku Mewarnai untuk Peserta Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) (Media Development Of Nutrition Education Through Coloring Books For Early Childhood Education (Ecd)). Nutrition and Food Research, 36(1), 31 - 43.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles